WISATA PONOROGO : Naik Bebek-Bebekan, Speed Boat, atau Bus Air di Telaga Ngebel, Ini Tarifnya…

WISATA PONOROGO : Naik Bebek-Bebekan, Speed Boat, atau Bus Air di Telaga Ngebel, Ini Tarifnya… Bus dan bebek air tersedia di tepian Ngebel (R. Wibisono/JIBI/Madiunpos.com)

    Wisata Ponorogo didukung keindahan alam lereng Gunung Wilis yang dapat dinikmati di Telaga Ngebel.

    Madiunpos.com, PONOROGO — Ponorogo tidak hanya menarik didatangi wisatawan karena seni pertunjukan reog. Keindaahan lereng Gunung Wilis, tepatnya di seputaran Telaga Ngebel, juga layak ditengok wisatawan.

    Panorama danau alam yang indah menjadi daya tarik utama kedatangan wisatawan ke Telaga Ngebel yang terletak di ketinggian 734 m dpl, lereng Gunung Wilis. Suhu kawasan itu yang terbilang sejuk—sekitar 20 deraja Celcius hingga 26 derajat Celcius—juga menambah nyaman wisatawan.

    Kala Madiunpos.com bertandang keTelaga Ngebel, Sabtu (3/10/2015), gerimis menyambut begitu memasuki objek daya tarik wisata tersebut. Padahal di Kota Ponorogo yang berjara sekitar 30 km dari danau alam itu kering kerontang didera kemarau 2015 yang berkepanjangan akibat fenomena alam El Nino.

    Danau alam yang disebut warga setempat sebagai Telaga Ngebel itu tak terdampak musim kemarau 2015 yang berkepanjangan. Permukaan airn yang mencapai 1,5 km2 tak tampak menyusut.

    Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Ponorogo menaksir kapasitas air danau itu mencapai 24.235.000 m3. Air telaga alami itu selama ini menjadi harapan bagi petani di Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Madiun. Tidak kurang 4.118 ha lahan pertanian menggantungkan pengairan dari danau alam tersebut. Sementara warga sekitar Telaga Ngebel memanfaatkan air danau untuk beternak ikan dalam karamba.

    Pusat keramaian di timur laut Telaga Ngebel (R. Wibisono/JIBI/Madiunpos.com)
    Pusat keramaian di timur laut Telaga Ngebel (R. Wibisono/JIBI/Madiunpos.com)

    Ikan hasil peternakan ikan itu diolah dengan cara dibakar atau digoreng untuk ditawarkan kepada wisatawan di pusat keramaian di sisi timur telaga. Berbagai penganan lain dijajakan di tengah keramaian itu. Di tempat itu juga, wisatawan bisa menyewa speed boat, bebek air atau pun menumpang bus air demi menikmati keindahan alam setempat dari tengah danau.

    Pujo Widodo, salah seorang pemilik speed boat yang disewakan di tempat itu mengungkapkan sewa perahu cepat isi empat penumpang untuk sekali mengitari telaga itu adalah Rp50.000. Saat ini tersedia 14 unit speedboat dari semula hanya enam unit kala kali pertama disediakan pada 2008. “Ada juga bus air dengan tarif Rp5.000/penumpang, isi 20 orang. Itu milik Dinas [Pariwisata], tersedia dua unit. Satu bus air lainnya milik swasta, isi 15 penumpang,” paparnya.

    Wahana wisata yang lebih murah adalah bebek-bebekan air yang digerakkan dengan dikayuh. “Bebek air Rp20.000, sepuasnya, ada 20 unit di sini,” papar Pujo.

    Jika tak cukup bekal untuk menyewa wahana untuk menikmati panorama dari tengah telaga, wisatawan tetap bisa menikmati keindahan alam dari tepian. Tepian Telada Ngebel itu tak putus dikelilingi jalan aspal sepanjang 5 km sehingga wisatawan bisa sepuas hati menikmati panorama telaga dari sudut mana pun.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.