WISATA PONOROGO : Gagal Panen, Harga Durian Ngebel Capai Rp200.000/Buah

WISATA PONOROGO : Gagal Panen, Harga Durian Ngebel Capai Rp200.000/Buah Seorang pedagang buah di lokasi wisata Telaga Ngebel, Ponorogo, menunggu pembeli, Senin (17/7/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Wisata Ponorogo, harga durian Ngebel mencapai Rp200.000.

    Madiunpos.com, PONOROGO -- Harga durian Ngebel tahun ini sempat mencapai Rp200.000/buah. Hal itu karena petani durian mengalami gagal panen dan hampir seluruh pohon tidak berbuah seperti biasanya.

    Pantauan Madiunpos.com di kawasan wisata Telaga Ngebel, Senin (17/7/2017), sejumlah pedagang buah-buahan di lokasi wisata itumemajang beberapa butir buah durian. Selain itu, mereka juga memajang hasil tanam lainnya seperti petai, pisang, manggis, dan nangka di kios mereka. Sejumlah pengunjung juga terlihat memilah dan memilih buah durian yang dipajang pedagang.

    Seorang petani sekaligus pedagang durian di Telaga Ngebel, Bikan, mengatakan tahun ini pohon durian tidak panen. Akibatnya harga buah durian Ngebel melambung drastis bahkan sampai Rp200.000 per buah.

    Dia menyampaikan durian ukuran besar pada saat musim panen raya biasanya dihargai Rp50.000 dan durian kecil Rp35.000 per butir. Tetapi, saat ini karena stok durian Ngebel sangat minim, harganya pun melambung tinggi yaitu untuk durian ukuran besar Rp100.000 sampai Rp200.000 dan ukuran kecil Rp50.000. Itu pun pedagang tidak berani menjamin rasa buah durian itu.

    "Harusnya bulan-bulan ini sudah panen raya. Pada saat panen raya harganya murah, bahkan karena kelebihan stok, kami menjualnya sampai ke bawah," kata warga Ngebel ini.

    Ngebel yang menjadi pusat perkebunan durian di Ponorogo, kata dia, tahun ini paceklik durian. Bahkan beberapa pedagang ada yang mengambil durian dari Sumatera. Namun, ia mengaku ogah mengambil durian dari luar daerah karena rasanya berbeda dengan durian Ngebel.

    Menurut dia, rasa durian Ngebel lebih legit dan ada rasa pahit-pahitnya. Selain itu, menikmati durian ini paling pas di lokasi telaga karena bisa menyantap sambil melihat pemandangan indah di Telaga Ngebel.

    "Kalau durian Sumatra itu rasanya agak tawar. Bedalah sama Ngebel. Saya tidak menjual durian lain," jelas Bikan.

    Pada saat panen raya, satu pohon durian bisa berbuah sebanyak 400 butir. Tetapi saat ini, satu pohon hanya bisa berbuah puluhan butir saja. Itu pun buahnya tidak terlalu bagus.

    Mengenai gagal panen buah durian ini, ujar Bikan, disebabkan cuaca yang tidak menentu. Akibatnya pohon tidak bisa berbuah dengan baik.

    Meski harganya mahal, tetapi durian Ngebel selalu dicari wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini. Bahkan, pada saat Lebaran lalu sampai kehabisan stok durian.

    "Orang ke Ngebel kan salah satunya ingin mencicipi durian Ngebel. Jadi harganya berapapun dibeli," kata dia.

    Seorang pengunjung Telaga Ngebel, Santi, mengatakan membeli sebutir durian di Ngebel seharga Rp100.000 untuk ukuran sedang. Ia mengakui harga durian di Ngebel saat ini mahal dibandingkan sebelumnya.

    "Mungkin karena tidak musim panen ya jadi stoknya minim dan membuat harganya naik berkali lipat," ujar warga Ponorogo ini.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.