Wow! Dua Gua Unik Ditemukan di Tuban

Selain terdapat banyak bebatuan stalakmit dan stalaktit, di dalam gua juga terdapat oase atau danau dari air terjun kecil melintasi gua.

Wow! Dua Gua Unik Ditemukan di Tuban Temuan Gua di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. (Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)

    Madiunpos.com, TUBAN- Ditemukan dua gua unik di kawasan milik Perhutani di Desa Mulyoagung Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

    Oleh warga desa, dua gua tersebut dinamai Gua Temugiring dan Gua Putri Tinumpuk. Kekinian, penemuan gua itu viral di media sosial dan banyak diperbincangkan publik.

    Dilansir dari suara.com, di dalam Gua Temugiring terdapat banyak bebatuan stalakmit dan stalaktit. Di dalam gua juga terdapat oase atau danau dari air terjun kecil melintasi gua.

    Korban Banjir di Jombang Pilih Tinggal di Tanggul Sungai Brantas

    Sedangkan Gua Tinumpuk memiliki keunikan tersendiri. Warga sekitar menamai Gua Tinumpuk karena ornamennya yang menempel dengan pintu lubang sekitar 1,5 meter.

    Dalam gua ini terdapat batuan stalakmit dan stalaktit menyambung dengan batu dan saat dipukul mengeluarkan suara mirip alat musik gamelan.

    "Keunikannya ornamen stalakmit-stalaktit bagus dan menyambung dari bawah ke atas. Dan ketika ditabuh menimbulkan suara-suara seperti gamelan," kata tokoh pemuda setempat, Irsyadul Ibad.

    Kaki Diamputasi, Pria di Mojokerto Ini Jadi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

    Ia melanjutkan Gua Putri Tinampuk ini hanya dapat dijangkau kurang lebih 20 meter. Namun, diperkirakan panjang bisa lebih, lantaran lorong gua di dalam gelap serta belum ada alat memadai untuk memetakan gua. Berbeda dengan gua Temugiring yang panjangnya sekitar 540 meter.

    Menindaklanjuti temuan gua tersebut, Ia berharap ada perhatian serius dari pemerintah.

    "Saya harap ada perhatian pemerintah desa, karena ada beberapa ornamen yang rusak karena ulah warga yang tidak bertanggung jawab," pungkasnya.

    Mengenal Cara Kerja Terapi Stem Cell yang Dianggap "Obat Segala Penyakit"

    Sementara itu, Camat Singgahan, Gaguk Hariyanto, mengatakan pihaknya telah meninjau temuan gua tersebut dan melakukan survei.

    "Kami sudah lakukan kunjungan bersama Forkopimka, kades, Perhutani dan Pokdarwis survei lokasi ke dua gua," katanya.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.