2 MPJR Dikerahkan untuk Perbaiki Jalur Rel KA Wilayah Madiun

2 MPJR Dikerahkan untuk Perbaiki Jalur Rel KA Wilayah Madiun Petugas menggunakan mesin berat melakukan perawatan rel Kereta Api (KA) di Kota Madiun, Rabu (24/5/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

    PT KAI mengerahkan 2 kendaraan berat untuk merawat dan memperbaiki rel KA di Madiun.

    Madiunpos.com, MADIUN -- Dua unit mesin perawatan jalan rel (MPJR) dikerahkan dalam kegiatan perbaikan dan perawatan jalur rel kereta api di wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VII Madiun. Perawatan rel dilakukan untuk menghadapi Masa Angkutan Lebaran 2017.

    "Ada dua unit MPJR yang diturunkan untuk perawatan jalur rel KA tersebut. Perawatan dilakukan dari tanggal 31 April hingga 25 Mei 2017," ujar Manajer Humas KAI Daops VII Madiun Supriyanto kepada wartawan di Madiun, Rabu (24/5/2017).

    Dia menambahkan pada tahap awal, perawatan dilaksanakan di sepanjang 55,2 kilometer sepor (kmsp), yakni di lintas Stasiun Walikukun sampai dengan Stasiun Madiun.

    Dalam kegiatan itu, kedua mesin berat yang digunakan untuk melakukan pemadatan batu balas di bawah bantalan rel sehingga jalur kereta api lebih aman dan tidak rawan ambles.

    "Kegiatan perawatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan keselamatan perjalanan KA serta meningkatkan kenyamanan penumpang kereta api," kata dia.

    Selain melakukan perawatan jalan, KAI Daops VII Madiun juga melakukan perawatan sarana perkeretaapian lain seperti lokomotif dan gerbong kereta api.

    Supriyanti menerangkan berbagai persiapan akan terus dilakukan guna meningkatkan kelancaran pelayanan kepada penumpang selama masa angkutan lebaran mendatang, termasuk juga penambahan sembilan lokomotif.

    Sembilan lokomotif tersebut terdiri dari enam lokomotif akan digunakan untuk KA reguler sedangkan tiga lainnya digunakan untuk lokomotif cadangan.

    KAI Daops VII Madiun, jelas dia, juga akan mendapat tambahan sejumlah kereta penumpang selama masa angkutan lebaran. Yakni tiga unit kereta untuk kelas ekonomi dan dua kereta cadangan untuk kelas esekutif.

    "Lokomotif dan kereta cadangan tersebut akan siap dioperasikan jika terjadi gangguan dalam perjalanan KA di wilayah Daop Madiun, terlebih mengantisipasi gangguan saat masa angkutan lebaran yang padat jadwalnya," kata dia.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.