20 Jam Terombang-ambing di Laut, Nelayan Pacitan Selamat

Pencarian melibatkan sedikitnya tiga kelompok nelayan serta TNI/Polri dan relawan BPBD.

20 Jam Terombang-ambing di Laut, Nelayan Pacitan Selamat Nelayan Pacitan ditemukan (Detik.com)

    Madiunpos.com, PACITAN — Terkatung-katung selama 20 jam di lautan, Rosnu, 45, Warga Desa Jetak, Tulakan, ditemukan selamat. Nelayan ini sempat hilang setelah tali keramba yang dinaikinya putus.

    Kejadian itu berawal saat Rosnu berangkat melaut dari Pantai Tawang, Kecamatan Sidomulyo, Rabu (3/6/2020) petang. Dia berangkat bersama nelayan lain bernama Jamal, 59. Keduanya menaiki sebuah perahu mesin hingga sejauh 17 mil dari bibir pantai.

    Setiba di lokasi, korban mendapati sebuah keramba terombang-ambing di lautan. Korban pun minta Jamal, yang mengemudikan perahu, menghampiri keramba tersebut. Korban yang karib disapa Kenu itu lantas naik ke atas keramba. Dia lalu berusaha menemukan tali pengait dan menambatkannya ke perahu.

    Aksi Pria Renang di Kawah Ijen Saat Evakuasi Jenazah Dapat Penghargaan

    Nahas, tali yang sedianya digunakan untuk menarik keramba mendadak putus. Lantaran terbawa gelombang, posisi keramba makin menjauhi perahu yang dikemudikan Jamal. Celakanya lagi, saat Jamal berusaha menghidupkan mesin kapal untuk mengejar keramba, tali starter putus. Mesin pun gagal hidup.

    “Kemudian Saudara Jamal berusaha menghubungi nelayan lain yang berada di daratan. Lalu mulai pukul 21.00 WIB bersama-sama dilakukan pencarian,” terang Kapolsek Ngadirojo AKP Nursalim, Kamis (4/6/2020).

    Sadis, Pria di Pasuruan Tewas Dilempar Bom Ikan, Anak dan Istri Luka

    Di Atas Keramba

    Pencarian melibatkan sedikitnya tiga kelompok nelayan serta TNI/Polri dan relawan BPBD. Kelompok pertama menyisir dari Pantai Klayar ke arah timur. Kelompok dua menuju timur ke arah Pantai Munjungan, Trenggalek. Demikian pula kelompok tiga menyisir wilayah timur.

    “Oleh karena pada pencarian tahap kedua korban belum ditemukan, pencarian dilanjutkan kembali. Sasarannya ke arah barat dengan menerjunkan dua unit perahu,” tambah Kapolsek.

    Ratusan Karyawan Pabrik Rokok Sampoerna Madiun Jalani Rapid Test Kedua

    Tim pencari pun menyusuri jarak puluhan kilometer ke arah barat hingga mencapai perairan sebelah selatan Kota Pacitan. Di situlah tim mendapati korban terkatung-katung di atas keramba yang terbawa gelombang. Selanjutnya korban Kenu dibawa dengan perahu menuju Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Tawang, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo.

    “Alhamdulillah Saudara Rosnu berhasil ditemukan dalam keadaan selamat,” pungkas Nursalim.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.