3 Novel Ini Mengambil Latar Belakang Perang Dunia ke-2

Beberapa novel berikut ini menggambarkan situasi saat Perang Dunia ke-2.

3 Novel Ini Mengambil Latar Belakang Perang Dunia ke-2 Ilustrasi Perang Dunia ke-2 (liputan6.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Beberapa hal yang terjadi di kehidupan dapat menjadi sebuah ide atau gagasan bagi penulis dalam menulis cerita. Oleh sebab itu, munculah berbagai jenis genre novel, misalnya, fiksi sejarah. Novel bergenre fiksi sejarah atau historical fiction menjadi salah satu genre novel yang memiliki setting pada masa lampau seperti peristiwa sejarah. Situasi Perang Dunia ke-2 pun menjadi salah satu peristiwa sejarah yang kerap ditulis oleh penulis.

    Berikut ini ulasan mengenai berbagai novel yang berlatang belakang situasi saat terjadinya Perang Dunia ke-2.

    1. The Nightingale – Kristin Hannah

    Ilustrasi Perang Dunia ke-2 (liputan6.com)

    Novel The Nightingale merupakan salah satu karya milik Kristin Hannah. Novel ini terbit pada tahun 2015 dan telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Bercerita mengenai kisah persaudaraan antara Isabelle dan sang kakak, Vianne. Mereka merupakan kakak beradik yang memiliki karakter bertolak belakang. Isabelle merupakan sosok yang pemberani sedangkan Vianne sosok yang pendiam dan penakut.

    Awalnya, Vianne tinggal bersama sang suami dan anaknya. Akan tetapi, saat Perang Dunia ke-2 terjadi sang suami mendapatkan surat panggilan. Suami Vianne harus berangkat untuk membela negaranya, Prancis. Mereka pun harus berpisah dengan suami Vianne.

    Ketika perang ini terjadi pun, rumah-rumah warga dihuni oleh tentara Nazi. Rakyat pun harus patuh demi keselamatan nyawa mereka. Isabelle yang pemberani memilih untuk tidak diam melihat negaranya diserang. Ia bergabung dengan kelompok rahasia untuk membela negaranya. Sementara itu, Vianne memilih untuk patuh demi keselamatannya, sang anak serta sang suami yang disandera.

    Salah satu Youtuber yang kerap memberikan penilaian mengenai novel, @sarahannereads, Selasa (24/5/2016), memberikan opininya tentang novel ini. Dalam unggahannya, Sarah memberikan nilai 5 dari 5 poin untuk novel The Nightingalei. Menurutnya, novel ini unik karena mengisahkan peperangan dengan tokoh wanita sedangkan umumnya penulis menggunakan tokoh pria. Novel ini pun mampu menggambarkan kekuatan wanita dalam beradaptasi serta melindungi hal yang mereka cintai. Karakter dua tokoh yang berbeda pun menjadi daya tarik lainnya dari novel ini.

    1. Catch 22 – Joseph Heller

    Catch 22 (pinterest.com)

    Novel lainnya yang mengambil latar Perang Dunia ke-2 adalah Catch 22 karya Joseph Heller. Novel ini berkisah mengenai Yossarian seorang bombardir di militer Amerika Serikat. Pada saat perang terjadi, dia ditugaskan di Italia, dilansir dari kanal Youtube, @The Page Turner, Kamis (13/4/2017).

    Yossarian harus menyelesaikan tugasnya agar dapat kembali ke rumah dengan selamat. Melalui novel ini pembaca dapat mengetahui hal-hal yang terjadi pada saat perang. Hal menarik ketika membaca novel ini, pembaca harus benar-benar memperhatikan potongan-potongan teka-teki. Novel ini pun disebut sebagai salah satu novel yang menyenangkan untuk dibaca.

    1. Rose Under Fire – Elizabeth Wein

    Rose Under Fire (walmart.com)

    Novel ini merupakan sekuel dari Code Name Verity. Dilansir dari kanal Youtube, @Hailey in Bookland,  (29/1/2016), novel ini bercerita mengenai seorang pilot dari Amereka, Rose, yang menerbangkan pesawat ke Perancis. Dia tertangkap oleh tentara Nazi dan dikirim ke kamp konsentrasi privat wanitas. Dia pun harus berjuang di kamp tersebut.

    Penulisan dalam novel tersebut dinilai sangatlah luar biasa. Penulisan cerita dalam novel tersebut seperti penulisan sebuah jurnal perjalanan. Cerita dalam novel ini pun mampu membius pembaca seperti sebuah cerita nyata.

    Karakter Rose pun dinilai sangatlah menggambarkan sosok wanita yang kuat. Selain itu, penggambaran alur yang baik hingga pesan yang ingin disampaikan penulis pun dapat diterima oleh para pembaca. Novel ini pun sangat direkomendasikan untuk para pembaca fiksi sejarah.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.