4 Kelurahan di Kota Madiun Masuk Zona Merah Banjir

4 Kelurahan di Kota Madiun Masuk Zona Merah Banjir ilustrasi (JIBI/dok)

    BPBD Kota Madiun mewaspadai hujan deras hingga April.

    Madiunpos.com, MADIUN -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Madiun menyatakan Kelurahan Rejomulyo, Kelun, Tawangrejo, dan Pilangbango merupakan zona merah banjir.

    Sebab, keempat kelurahan itu merupakan daerah cekungan yang menjadi tempat tergenangnya air dari anak sungai Bengawan Madiun sebelum mengalir ke Sungai Bengawan Madiun.

    "Sedangkan untuk wilayah perkotaan, banjir lebih disebabkan antrean air yang masuk ke saluran air. Sekarang statusnya masih siaga banjir," kata Kepala BPBD Kota Madiun Itok Rianto Legowo kepada wartawan di Madiun, Rabu (8/3/2017).

    Sesuai prakiraan Badan Meteorologi, Metrologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lanjut dia, hujan deras masih berpotensi terjadi sampai April 2017.

    "Untuk itu, warga yang tinggal di sejumlah kelurahan yang rawan banjir kami minta bersiaga jika sewaktu-waktu hujan deras mengguyur Kota Madiun dengan durasi yang cukup lama," ungkap Itok.

    Guna menghadapi banjir, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS). Apalagi jika mengingat penyebab genangan air di Kota Madiun pada awal Maret lalu dipicu karena tidak difungsikannya mesin pompa air milik BBWSBS yang ada di Kota Madiun.

    "Kecilnya diameter gorong-gorong air di beberapa titik juga memengaruhi penyerapan air sehingga terjadi genangan selama beberapa jam. Jadi, gorong-gorong di sekitar jalan protokol juga perlu ditambah lebarnya," kata Itok.

    Menurut dia, Pemkot Madiun memiliki delapan pompa air. Delapan pompa air tersebut di antaranya berada di Jalan Kaswari, Pancasila, Patihan, Sogaten, dan Pandan. Namun, kondisi satu pompa air di Jalan Pancasila mudah rusak karena bekas peninggalan zaman Belanda.

    Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan oleh warga Kota Madiun adalah tidak membuang sampah sembarangan, terlebih di aliran air atau drainase. Sebab, banyak kasus genangan air terjadi akibat sistem saluran air tersumbat oleh sampah.

    Data BPBD Kota Madiun mencatat, sebanyak 64 kepala keluarga (KK) terdampak banjir akibat genangan air selama beberapa jam pada awal Maret lalu. Di mana, sebanyak 37 KK di antaranya terdapat di Kecamatan Kartoharjo, 24 KK di Kecamatan Manguharjo, dan tiga KK di Kecamatan Taman.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.