5 Kota di Pulau Jawa Ini Terkenal karena Desain Batik, Mana Saja?

Lima kota ini memiliki desain batik yang terkenal, yaitu Pekalongan, Yogyakarta, Solo, Cirebon, dan Indramayu.

5 Kota di Pulau Jawa Ini Terkenal karena Desain Batik, Mana Saja? Batik Solo. (tiket.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Batik sudah menjadi warisan budaya yang diakui UNESCO yang dimiliki Indonesia. Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia khususnya Pulau Jawa sejak lama. Melimpahnya suku serta budaya yang ada di Indonesia juga menciptakan banyak pula motif batik dari setiap kota dan memiliki ciri khas nya masing-masing.

    Lantas, kota mana saja yang memiliki desain batik yang terkenal di Jawa? Berikut ulasannya seperti yang dirangkum dari okezone.com Jumat (2/10/2020).

    Lapor Bawaslu, KIPP Tuding Wali Kota Surabaya Tak Netral dalam Pilkada

     

    1. Pekalongan
    Batik Pekalongan. (tiket.com)

    Kota Pekalongan selalu terdepan dalam pengembangan dan produksi desain batik modern. Batik Pekalongan menggunakan warna cerah, dan model alam seperti burung berwarna merah dan biru atau bunga-bunga di kain berwarna putih.

    Batik ini memiliki tekstur dan desain lembut, serta harga yang bersaing dengan batik Solo dan Yogyakarta. Di Pekalongan terdapat banyak sekali pabrik-pabrik batik yang dapat dikunjungi apabila Anda ingin melihat bagaimana proses pembuatan batik.

    1. Yogyakarta
    Batik Yogyakarta. (tiket.com)

    Yogyakarta dikenal sebagai jantung budaya batik di Pulau Jawa, terutama karena desainnya yang sangat banyak dan produksi tekstil yang terkenal di kota ini. Warna-warna batik yang dominan adalah cokelat, nila, dan putih.

    Salah satu desain batik yang paling indah adalah batik dengan motif grompol, yang kerap digunakan pada saat pernikahan atau upacara tradisional. Pola ini menggambarkan bersatunya semua hal baik, seperti keberuntungan, kebahagiaan, anak-anak dan kehidupan pernikahan yang harmonis.

    Keguguran, Siswi SMP di Jombang Ternyata Diperkosa Bapak Angkat Sejak Kelas III SD

    1. Solo

    Batik Solo. (tiket.com)

    Kota tua yang juga dikenal dengan nama Surakarta ini memiliki salah satu pasar batik terbaik di Pulau Jawa yaitu Pasar Klewer. Batik Solo kaya dengan warna krem dan coklat dengan sentuhan kuning keemasan.

    Batik Solo umumnya memiliki desain dan motif bunga-bunga dan burung. Gaya khas batik Solo adalah Solo Malam, di mana batik ini berwarna terang dengan kain yang berwarna hitam. Di Solo, Anda juga dapat belajar membatik di galeri-galeri seni di kota ini.

    1. Cirebon
    Batik Cirebon. (tiket.com)

    Batik Cirebon dikenal sebagai Kencana Ungu, yang dibuat di kain tenun terbaik. Karena populasi etnis Tiongkok yang banyak di Cirebon, motif batiknya juga terpengaruh dari budaya Tiongkok, seperti harimau, naga, gajah, dan singa.

    Seperti juga lukisan Tiongkok, di batik Cirebon dapat ditemukan motif awan dan gunung bebatuan. Yang menarik, Cirebon dikenal sebagai tempat di mana para wanita tidak menggambar motif batik sebelum diberi lilin.

    Pemkab Nganjuk Pengadaan Alphard Rp2,6 Miliar di Masa Pandemi Covid-19

    1. Indramayu
    Batik Indramayu motif iwak etong. (batik-tulis.com)

    Selain terkenal dengan oleh-oleh khas mangga, kota batik di Indonesia satu ini juga memiliki motif batik yang indah yaitu motif batik Iwak Etong. Pada motif ini memiliki corak hewan laut seperti ikan, cumi, kepiting, hingga ubur-ubur. Lalu, ciri khas lain yang bisa terlihat adalah batik ini memiliki corak ragam flora dan fauna dengan hiasan garis tajam dan berbagai lengkungan.

    Menurut sejarahnya, batik di Indramayu sudah berlangsung dari abad ke 13 hingga 14. Motif –motif batik Indramayu terinspirasi dari kehidupan masyarakat yang kebanyakan berprofesi sebagai petani dan nelayan.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.