5 Soft Skill untuk Mencapai Kesuksesan

Agar mencapai kesuksesan seseorang harus memiliki soft skill. Ada beberapa soft skill yang harus dimiliki dan ditingkatkan oleh seseorang.

5 Soft Skill untuk Mencapai Kesuksesan Ilustrasi berkomunikasi dengan rekan kerja. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Dalam mencapai kesuksesan hidup dibutuhkan kerja keras. Beberapa orang berpikir orang pandai akan mendapatkan kesuksesan dalam waktu singkat.

    Namun, untuk mencapai kesuksesan, kepintaran bukanlah satu-satunya hal yang penting. Anda juga harus memiliki soft skill.

    Soft skill adalah sebuah keterampilan yang tidak bisa diukur dengan nilai dan bisa berubah sewaktu-waktu. Keahlian ini berjalan seiringan dengan kemampuan teknis atau hard skill.

    Duh, MotoGP Indonesia Belum Pasti Digelar 2021

    Soft skill sangat berpengaruh dalam membangun relasi dan menciptakan banyak kesempatan untuk menjadi lebih baik dalam dunia kerja.

    Lalu, jenis keterampilan apa yang harus dimiliki seseorang untuk mencapai kesuksesan?

    Dikutip dari okezone.com, Sabtu (21/11/2020), berikut ini soft skill yang harus dimiliki dan ditingkatkan oleh seseorang.

    Kisah Malang Kakek Basri Diseret ke Aspal Gara-Gara Minta Rokok

    1. Berpikiran kritis

    Semua peluang dan masalah tidak ada artinya jika Anda tidak mampu menginterpretasikan dengan baik. Seseorang yang mampu berpikir kritis hadir dengan pandangan-pandangan yang baru, menawarkan solusi dan pemikiran yang intuitif demi kemajuan bisnis dan  perusahaan.

    Latih kemampuan berpikir kritis dengan menganalisa informasi, mulai dari yang paling sederhana. Misalnya saja mengidentifikasi perilaku rekan kerja.

    1. Komunikasi

    Baik tertulis maupun lisan, mengetahui bagaimana mengkomunikasikan ide Anda secara efektif adalah soft skill yang sangat penting. Jika Ada orang lain yang tidak bisa memahami kebutuhan dan keinginan Anda, itu akan menjadi masalah bagi Anda.

    Anda selalu dapat belajar menjadi lebih baik dalam berkomunikasi dengan melakukan lebih banyak komunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda.

    Celupkan Kepala Balita ke Ember, Mama Muda di Tangerang Viral

    1. Memberi dan menerimafeedback

    Ada beberapa orang yang sama sekali tidak memiliki masalah untuk menyuarakan pendapat mereka tetapi sangat buruk dalam menerima kritik yang membangun, sedangkan yang lainnya sangat berlawanan.

    Penting untuk mempelajari cara memberi serta menerima umpan balik untuk mendorong pertumbuhan positif bagi Anda dan orang yang bekerja.

    1. Membangun jaringan

    Manusia adalah makhluk sosial dan jaringan yang mengarah pada persahabatan, pernikahan, dan pekerjaan baru. Anda perlu keluar dan membangun jaringan dengan banyak orang.

    Dengan membangun jaringan, hidup akan terasa lebih baik. Ini membantu Anda membentuk kontak baru dan mengenal orang yang tidak dikenal yang dibutuhkan.

    TNI Copot Baliho Rizieq, Polri Ditanyai Kompolnas

    1. Antusias

    Jangan menjadi seseorang yang selalu mengeluh tentang setiap hal kecil. Anda tidak akan sukses jika Anda adalah tipe orang seperti itu.

    Seseorang ingin berada di sekitar orang-orang yang memiliki sikap positif terhadap kehidupan serta pekerjaan mereka. Jadi, tingkatkan antusiasme Anda dan jadikan itu berhasil untuk karier Anda.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.