Lapar Tengah Malam, Ini Makanan Cocok agar Tidak Bikin Gemuk

Rasa lapar yang tiba-tiba muncul tengah malam lebih baik diatasi dengan mengkonsumsi makanan sehat. Ada beberapa makanan sehat yang bisa jadi rekomendasi.

Lapar Tengah Malam, Ini Makanan Cocok agar Tidak Bikin Gemuk Yogurt dengan campuran buah berry. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Anda pasti pernah terbangun tengah malam saat tidur karena merasakan lapar. Hal itu tentu membuat tidur tidak nyaman jika tidak diatasi.

    Rasa lapar merupakan upaya tubuh untuk menyeimbangkan energi untuk berbagai fungsi metabolisme. Lapar memang menjadi tanda jika Anda harus makan. Meskipun demikian, makan berlebihan di malam hari dapat mengganggu waktu tidur hingga memicu kegemukan.

    Sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari makan di malam hari karena terbangun karena kelaparan. Namun jangan menyantap makanan berat seperti nasi, olahan mi, dan lainnya.

    Sebelum “Main” Kakek di Surabaya Meninggal di Hotel Bersama Teman Wanitanya

    Agar berat badan tetap terjaga saat rasa lapar muncul tengah malam, konsumsilah makanan sehat berikut ini agar membantu rasa kenyang lebih lama. Inilah rekomendasi makanan sehat yang telah dirangkum madiunpos.com dari berbagai sumber pada Jumat (20/11/2020).

    1. Pisang dengan mentega almond

    Satu buah pisang kecil yang dicelupkan dalam satu sendok makan mentega almond tanpa pemanis adalah kombinasi yang tepat. Pisang dan mentega almond mengandung 165 kalori yang dapat membantu Anda tidur.

    Pisang diketahui kaya akan serotonin, yang beberapa diantaranya diubah tubuh menjadi melatonin. Sementara mentega almond memasok melatonin, di samping sebagai sumber lemak sehat, vitamin E, dan magnesium, yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur.

    1. Buah kiwi

    Kiwi dapat menjadi camilan ringan tapi mengenyangkan yang kaya akan vitamin C. Dua buah kiwi mengandung 93 kalori. Sama halnya dengan buah pisang, kiwi dapat membantu memperbaiki kualitas tidur menjadi lebih baik karena mengandung serotonin yang meningkatkan relaksasi dan membantu mengurangi nafsu makan.

    Bapak, Ibu, dan Anak Terekam Kamera CCTV Mencuri di Masjid Malang

    1. Yogurt

    Yogurt adalah sumber kalsium yang sangat baik. Yogurt dikenal pula dapat meningkatkan kesehatan tulang, mineral ini juga dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih baik.

    Tubuh membutuhkan kalsium untuk membuat melatonin dari asam amino triptofan. Yogurt adalah makanan yang tepat karena tidak hanya mengandung kalsium tapi juga kaya protein, terutama kasein. Jika Anda memilih mengkonsumsi yogurt sebagai penghilang rasa lapar pada malam hari, dan ingin melengkapinya dengan buah. Usahakan menambahkannya dengan buah yang tidak memiliki rasa manis.

    1. Sereal gandum

    Sereal gandum adalah sumber serat yang baik. Selain itu, sereal juga merupakan pilihan makanan tidak berat yang lebih sehat dan cukup mengenyangkan. Tidak hanya memuaskan dari rasa lapar, sereal gandum juga sumber alami melatonin yang memberi efek tidur yang nyaman dan nyenyak.

    1. Edamame

    Edamame adalah makanan dengan sumber protein baik, yang mencakup triptofan yang jumlahnya cukup besar. Triptofan membantu tubuh membuat protein dan bahan kimia pensinyalan bagian otak tertentu. Triptofan akan diubah menjadi zat kimia otak yang disebut serotonin.

    Serotonin membantu mengendalikan Suasana hati dan tidur Anda. Selain itu, kandungan protein pada edamame juga memberikan rasa kenyang cukup pada tubuh dan baik pula bagi sistem pencernaan meski Anda mengkonsumsinya tengah malam.

    Tertimpa Tebing Runtuh di Pantai, 1 Keluarga Meninggal

    1. Telur

    Telur termasuk makanan sumber protein yang dapat memberi rasa kenyang yang cukup dan tahan lama. Selain itu, telur juga memiliki kandungan triptofan yang membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

    Telur rebus hanya mengandung 75 kkal dan sangat bagus untuk camilan malam. Camilan seperti itu akan memungkinkan Anda melupakan rasa lapar sampai pagi dan tidak akan menambah berat badan Anda.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.