51 Nakes di Lumajang Positif Covid-19, Tersebar di 4 RS

Jumlah tenaga kesehatan di Lumajang yang terpapar covid-19 tinggi, mencapai 51 orang.

51 Nakes di Lumajang Positif Covid-19, Tersebar di 4 RS Ilustrasi Corona (Detik.com)

    Madiunpos.com, LUMAJANG -- Kabar buruk kembali datang dari para tenaga kesehatan (nakes). Sedikitnya 51 nakes dari 4 Rumah Sakit di Lumajang positif terpapar Covid-19. Sebanyak 22 di antara harus mereka menjalani perawatan di RS, sisanya melakukan karantina mandiri.

    Keempat rumah sakit tersebut RSUD Dokter Haryoto, RSUD Pasirian, Rumah Sakit Djatiroto, dan Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang.

    Kabid Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinas Kesehatan Lumajang, dr Marshal, Rabu (16/9/2020), mengatakan dengan kondisi demikian, sejumlah layanan poli di keempat RS tersebut ditutup sementara guna mengurangi penularan Covid- 19.

    Gandeng BUMDes, Lumbung Pangan Jatim lebih Mudah Diakses

    Rumah Sakit Djatiroto menutup sementara IGD, poli kulit, orthopedi dan urologi. RSUD Dokter Haryoto menutup layanan klinik urologi. Sedangkan RSUD Pasirian hanya membuka unit rawat jalan, sedangkan layanan lainnya ditutup sementara.

    Ia tak menjelaskan secara detail siapa saja nakes yang terserang Covid-19, apakah perawat atau dokter, atau keduanya.

    Lebih jauh ia memaparkan pada September ini kasus Covid-19 di Kabupaten Lumajang terus naik. Hal ini terlihat dari data dua pekan pertama September yang pertambahannya mencapai 111 orang. Ini memecahkan rekor sebelumnya pada Juli yang sebanyak 84 kasus baru.

    Diserang Kelompok Massa, 2 Warga PSHT Sukoharjo Luka Kena Sabetan Pedang

    Dari data Satgas percepatan penanganan Covid-19 Lumajang, total terdapat 328 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19. Sebanyak 44 persennya berasal dari klaster keluarga.

    Marshal menduga ketidakdisplinan warga menerapkan protokol kesehatan yang menjadi salah satu penyebab tingginya penambahan kasus.

    "Kami mengimbau kepada masyarakat untuk patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan guna menekan penyebaran wabah virus Corona di Lumajang," ujar dr Marshal.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.