6 Bahan Alami untuk Mengobati Tenggorokan Gatal

Tenggorokan gatal dapat diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ada beberapa bahan alami yang membantu meredakan tenggorokan gatal.

6 Bahan Alami untuk Mengobati Tenggorokan Gatal Ilustrasi tenggorokan gatal. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Tenggorokan gatal adalah hal sepele namun bisa sangat mengganggu. Saat tenggorokan terasa gatal, rasanya tentu sangatlah tidak nyaman.

    Tenggorokan gatal bisa menjadi tanda bahwa kesehatan tubuh mulai terganggu. Beberapa penyebab tenggorokan gatal antara lain adalah dehidrasi, alergi, infeksi virus dan bakteri hingga sinusitis.

    Tak perlu khawatir, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati tenggorokan gatal mulai dari mengkonsumsi obat hingga menggunakan bahan-bahan alami.

    Merinding, 6 Pohon Ini Dipercaya Menjadi Tempat Favorit Makhluk Halus

    Dikutip dari alodokter.com, Rabu (09/12/2020), berikut ini beberapa bahan alami yang membantu mengobati tenggorokan gatal.

    1. Air putih

    Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi yang menjadikan tenggorokan gatal. Pada saat dehidrasi, tenggorokan kekurangan lendir dan air sebagai pelumas yang mengakibatkan tenggorokan terasa gatal dan kering.

    Pada saat cuaca dingin atau ketika sedang flu, Anda mungkin kehilangan cairan melalui keringat ketika demam. Oleh karena itu, minum air putih sebanyak sembilan gelas per hari tidak hanya penting pada saat cuaca panas, melainkan juga pada saat cuaca dingin atau ketika Anda mengalami flu.

    1. Susu dan kunyit

    Minum susu yang dicampur sedikit kunyit mungkin dapat membantu Anda menenangkan tenggorokan gatal. Selain susu, Anda juga dapat mencampurkan kunyit dengan air. Caranya, rebus secangkir susu dan tambahkan satu sendok teh kunyit. Minum tiap malam sebelum tidur.

    Merinding, Inilah 6 Hutan di Indonesia yang Terkenal Angker

    1. Madu

    Anda dapat mencoba mengkonsumsi madu sebanyak satu sendok makan per hari untuk mengurangi gatal atau iritasi pada tenggorokan. Cara lain adalah menambahkan satu sendok makan madu, perasan lemon, dan parutan jahe pada segelas teh hangat.

    1. Air garam

    Air garam ini hanya digunakan untuk berkumur dan bukan untuk diminum. Berkumur menggunakan air garam dapat membantu mengurangi kelebihan dahak. Dahak berlebih inilah yang membuat tenggorokan terasa menggelitik.

    1. Lobak

    Campuran satu sendok makan lobak pedas (horseradish), satu sendok teh cengkeh, dan satu sendok teh madu yang diberi air panas mungkin bisa menenangkan tenggorokan Anda yang gatal. Aduk campuran tersebut kemudian minum.

    Ini Dia 50 Orang Terkaya Indonesia, Tetap Tajir Walau Ada Corona

    1. Cuka sari apel

    Sediakan satu gelas air panas, tambahkan satu sendok makan cuka sari apel dan madu. Aduk perlahan kemudian minum.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.