Ada Pejabat Positif Covid-19, Puluhan Pegawai PUPR Trenggalek Swab Test

Pasien diduga terpapar Covid-19 saat melalukan perjalanan ke Jakarta untuk menjemput konsultan perencana.

Ada Pejabat Positif Covid-19, Puluhan Pegawai PUPR Trenggalek Swab Test Kantor Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Trenggalek (Detik.com)

    Madiunpos.com, TRENGGALEK -- Salah satu pejabat Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Trenggalek, Jawa Timur, positif Covid-19. Akibatnya puluhan kontak erat termasuk pegawai harus jalani swab test.

    Pasien Covid-19 ke-71 di Trenggalek tersebut adalah warga Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. Yang bersangkutan diduga terpapar Covid-19 saat melalukan perjalanan ke Jakarta untuk menjemput konsultan perencana. Pasien juga sempat mengikuti sejumlah rapat dinas di Trenggalek.

    Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesdalduk KB) Trenggalek Saeroni, mengatakan pascatemuan di dinas PUPR, Gugus Tugas langsung melakukan penelusuran dengan rapid test maupun swab.

    Ruang Sekretariat Dinkes Situbondo Ditutup Sementara, Karena ini

    "Hari ini kami lakukan swab test di RSUD dr Soedomo terhadap 50-an orang yang kontak erat dengan pasien. Di mana 11 di antaranya adalah pegawai dinas PUPR," kata Saeroni saat dikonfirmasi, Jumat (24/7/2020).

    Sampel swab para kontak erat pasien itu rencananya akan dikirim ke RSUD Malang guna proses pemeriksaan PCR. Hasil pemeriksaan diperkirakan akan keluar sekitar tiga hari ke depan.

    Abaikan Protokol Kesehatan, Hajatan Pernikahan di Trenggalek Dibubarkan

    Sementara Kepala Dinas PUPR Trenggalek Ramelan, membenarkan adanya salah satu kepala bidang terpapar Covid-19. Menurutnya pegawai yang berada dalam satu ruangan kini menjalani pemeriksaan swab.

    "Semua yang di ruang bidang pertanahan diswab, ditambah saya (kepala dinas) dan sopir," kata Ramelan dilansir dari Detik.com.

    Pihaknya menjelaskan, meski salah satu pejabatnya positif Covid-19. Namun aktivitas kantor masih buka seperti biasa. Hanya saja pihaknya memberikan kelonggaran bagi pegawainya yang ingin melakukan karantina mandiri.

    Tak Ke Mana-Mana, Bayi 9 Bulan di Ponorogo Terinfeksi Covid-19

    "Ya banyak yang khawatir kalau terpapar. Sehingga banyak yang pulang cepat, ketika tugas selesai langsung pulang. Kami memang berikan kelonggaran kalau memang tidak penting sekali, kalau pulang monggo," imbuhnya.

    Sementara sesuai data di Pemkab Trenggalek, jumlah warga yang positif Covid-19mencapai 72 orang. Kasus Corona di Trenggalek mengalami peningkatan dalam kurun waktu dua pekan terakhir.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.