Alhamdulillah, 2 Daerah di Jatim Turun Status Jadi Zona Kuning

Dua daerah di Jawa Timur berubah status dari zona merah menjadi zona kuning.

Alhamdulillah, 2 Daerah di Jatim Turun Status Jadi Zona Kuning Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat meninjau lokasi di Tulungagung. (detik.com)

    Madiunpos.com, TULUNGAGUNG -- Ada kabar baik dalam perkembangan kasus Covid-19 di Jawa Timur (Jatim). Dua daerah di Jatim berubah status dari zona merah menjadi zona kuning.

    Dua daerah tersebut yakni Lumajang dan Kota Bitar. Selama sepekan terakhir, di dua daerah ini tidak ada penambahan kasus Covid-19.

    "Saya dapat update dari BNPB [Badan Nasional Penanggulangan Bencana], dua kota di Jatim sudah masuk risiko rendah warnanya jadi kuning, Lumajang dan Kota Blitar," kata Khofifah, Minggu (7/6/2020), seperti diberitakan detik.com.

    Sunday Market Madiun Dibuka, Begini Keceriaan Pedagang

    Menurutnya, penurunan risiko itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah tidak adanya penambahan kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19, selama sepekan terakhir. Penurunan status dari zona merah menjadi kuning tersebut akan mendukung rencana persiapan menuju new normal.

    "Kami harap Tulungagung bisa mengikuti Kota Blitar, kalau seminggu tidak ada [penambahan kasus] lagi maka BNPB akan mengeluarkan peta menjadi kuning atau rendah," imbuhnya.

    Indikator New Normal

    Khofifah menambahkan sebelum diterapkan new normal, kota paparan Covid-19 harus memasuki masa transisi, dengan memenuhi enam indikator sesuai dengan standar WHO. Sedangkan untuk masuk ke tahap new normal membutuhkan tiga indikator.

    Siap Hadapi New Normal, Pemkot Madiun Buka Sunday Market

    "Ini new normal, misalnya kita lihat dalam dua pekan turun 50 persen. Ini [masuk] transisi, karena ada bottom up participation, itu dalam poin enam, kalau poin pertamanya adalah Covid-19 ini terkontrol," ujarnya.

    Pihaknya memastikan, proses penetapan masa transisi maupun new normal akan tetap berpegang pada indikator yang telah ditetapkan oleh WHO.

    Gubernur berharap Kabupaten Tulungagung bisa segera menyusul statusnya Lumajang dan Kota Blitar. Sebab akan berdampak terhadap perekonomian maupun kehidupan sosial lainnya. Terlebih Tulungagung memiliki berbagai industri dan UMKM yang berperan besar dalam menggerakkan ekonomi masyarakat.

    PR Paling Absurd: Murid SMP di Malang Diminta Nge-Chat Donald Trump

    "Tulungagung ini pantainya keren, pasti sudah persiapan untuk new normal. Industri kreatif luar hiasa. Bahkan rumah sakit lapangan di Surabaya, tendanya bikinan Tulungagung," jelas Khofifah.

    Untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Tulungagung maupun Kediri, Pemprov Jatim telah menerjunkan tim dokter yang dilengkapi oleh peralatan rapid test hingga PCR. "Ada di sini sudah hari ke tiga," katanya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.