Ayo Sulap Kulit Pisang Jadi Bahan Minuman Kekinian

Kulit pisang ternyata bisa dijadikan minuman untuk usaha kuliner.

Ayo Sulap Kulit Pisang Jadi Bahan Minuman Kekinian Nata de banana. (netz.id)

    Madiunpos.com, BOJONEGORO – Kulit pisang yang apabila termakan terasa pahit ternyata bisa diolah menjadi bahan minuman kekinian. Olahan kulit pisang ini pun bisa dijadikan sebuah peluang usaha kuliner yang cukup menjanjikan.

    Hal ini karena belum banyak orang yang mencoba usaha ini. Bentuk kreativitas dengan memanfaatkan kulit pisang pun sudah dilakukan oleh seorang perempuan di Bojonegoro, Dian Kresnawati. Di tangan Dian, kulit pisang yang biasanya dibuang ini disulap menjadi bahan minuman segar dan kekinian, dilansir dari okezone.com, Senin (13/7/2020).

    Ia memanfaatkan kulit pisang untuk dijadikan nata de banana. Ide membuat kulit pisang menjadi nata de banana bermula dari banyaknya pisang yang dihasilkan di wilayahnya. Produksi pisang yang banyak tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat dengan menggunakan buah pisang untuk diolah. Namun, sayangnya kulit pisang dibuang begitu saja. Padahal jika diolah dengan baik kulit pisang bisa bermanfaat. Terbukti dengan kreativitas yang dilakukan oleh Dian.

    Keren Banget, Ada Ojek Gratis Bagi Ibu Hamil di Magetan

    Untuk membuat nata de banana ini cukup mudah, hal pertama yang harus dilakukan yaitu memotong kulit pisang menjadi potongan kecil. Kemudian potongan kulit pisang itu dihaluskan menggunakan blender. Setelah diblender, jus kulit pisang tersebut direbus hingga mendidih lalu ditambahkan bahan fermentasi yaitu bakteri dan urea.

    7 Hari

    Setelah tercampur, kemudian masukkan cairan pisang ke dalam cetakan. Diamkan cairan selama 7 hari. Setelah 7 hari maka cairan pisang sudah berubah menjadi nata.

    Nata dari kulit pisang ini bisa dicampur dengan potongan buah-buah segar dan sirup. Kemudian ditambahkan es batu sesuai selera. Akhirnya minuman segar nata de banana pun siap disantap.

    Jangan Dibuang, Biji Semangka Ternyata Bagus Untuk Kesehatan

    Dian menjadikan nata de banana sebagai salah satu menu di kedainya di Jl. Veteran, Kota Bojonegoro. Setiap harinya, Dian bisa menghabiskan 2 kg nata. Ia menjual minuman segar nata de banana ini dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp10.000 per gelasnya.

    Menurut pelanggan Dian, minuman nata de banana ini memiliki rasanya yang enak. Rasa pahit dari kulit pisang pun tidak terasa. Secara tekstur nata dari kulit pisang ini lebih empuk dibandingan nata de coco.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.