Bahan Alami Berikut Bantu Anda Mengatasi Bibir Kering Atau Pecah-Pecah

Kondisi bibir kering atau pecah-pecah bisa diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami ini.

Bahan Alami Berikut Bantu Anda Mengatasi Bibir Kering Atau Pecah-Pecah Ilustrasi bibir kering. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Bibir kering dan pecah-pecah sangat rentan terjadi dan dapat mengganggu penampilan. Kondisi ini biasa disebabkan oleh faktor udara dingin atau panas hingga seringnya menjilat bibir.

    Selain itu, bibir pecah-pecah juga bisa diakibatkan karena dehidrasi, kekurangan vitamin, hingga mengonsumsi obat-obatan. Hal tersebut terjadi karena bibir kekurangan kelenjar minyak. Untuk meredakan bibir pecah-pecah, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami, antara lain lima bahan alami ini, seperti dilansir okezone.com, Rabu (23/9/2020):

    1. Minyak Kelapa

    Asam lemak dalam minyak kelapa dapat melumasi dan menyehatkan bibir Anda. Ambil sedikit minyak kelapa dan oleskan dua kali setiap hari pada bibir Anda dan pijat selama beberapa detik. Usahakan untuk tidak makan atau minum setelah mengaplikasikannya.

    Trend Tie Dye Sedang Nge-hits, Begini Tips Mencuci Kaos Tie Dye Kalian Agar Tetap Awet

    2. Gel Lidah Buaya

    Bahan lain yang dapat mengobati bibir pecah-pecah adalah gel lidah buaya. Gel mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan anti radang yang menenangkan dan merehidrasi kulit yang rusak.

    Namun sebelum menggunakannya, oleskan terlebih dahulu sedikit gel pada siku untuk melihat alergi atau tidak. Dari daun keluarkan gel dan simpan dalam wadah kedap udara. Oleskan pada bibir Anda sebelum tidur setiap malam dan basuh bibir Anda di pagi hari.

    3. Madu

    Selain menyembuhkan sakit tenggorokan dan batuk, madu juga bisa membantu menghilangkan bibir kering. Kerjanya seperti pelembap yang luar biasa menjadikannya alat yang hebat untuk merawat bibir pecah-pecah.

    Bagaimana Cara Mencuci Masker Kain Yang Benar? Begini Saran Pakar Kesehatan

    Madu mengandung sifat antioksidan dan antibakteri dan membantu mencegah infeksi berkembang di bibir yang sangat pecah-pecah.

    4. Gula

    Butiran gula yang kasar adalah eksfoliator yang sangat baik untuk bibir pecah-pecah. Menggosok bibir dengan gula dapat membantu menghilangkan lapisan atas sel kulit mati yang kering, mengelupas dan membuat bibir Anda kenyal.

    Gunakan satu sendok teh gula (putih/coklat) tambahkan beberapa tetes minyak zaitun dan ½ sendok teh madu. Kemudian gosok dengan lembut di bibir Anda, diamkan sebentar lalu bilas dengan air dan tepuk-tepuk hingga kering. Ulangi setiap hari untuk hasil terbaik.

    5. Air Putih

    Ketika bibir terasa kering hingga pecah-pecah, itu artinya tubuh Anda sedang mengalami dehidrasi atau kurang cairan. Maka dari itu, cara terbaik untuk mengatasi bibir kering adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh sesegera mungkin. Hal itu adalah yang paling mudah dilakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

     

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.