Benarkah Masker Scuba yang Dilapisi Tisu Jadi Efektif Tangkal Virus Corona?

Sebagian dokter tidak menyarankan menggunakan masker scuba meski dilapisi tisu.

Benarkah Masker Scuba yang Dilapisi Tisu Jadi Efektif Tangkal Virus Corona? masker scuba. (lazada.co.id)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Anjuran untuk tidak pakai masker scuba belakangan menguat seiring dengan fakta bahwa masker itu tak melindungi penggunanya dari paparan Covid-19. Namun yang jadi masalah, masker scuba menjadi favorit sebagian orang karena bentuknya yang stylish dan mudah dipakai.

    Dari dua kondisi itu, muncul ide untuk melapisi masker scuba dengan tisu sebagaiĀ  jalan tengah. Dengan tambahan tisu itu, masker scuba dinilai lebih bisa menyaring virus corona. Namun, tidak semua pakar sepakat dengan ide itu. Nah lho..

    Lapisan tisu untuk memperbaiki kemampuan filtrasi masker scuba antara lain disuarakan oleh peneliti sekaligus staf ahli Gugus Tugas Covid-19 Jawa Tengah Dr dr Budi Laksono, MHSc. Menurutnya, modifikasi ini berguna agar masker scuba yang telanjur dibeli tidak sia-sia.

    Antisipasi Klaster Kantor Pemerintah, Pegawai Luar Kota Madiun Boleh WFH

    Tulisan dr Budi tentang melapisi masker scuba dengan tisu belakangan ini viral dibagikan di berbagai platform media sosial dan aplikasi berbagi pesan.

    "Dalam konteks akademisi, sebenarnya dengan modifikasi seperti yang saya tulis itu, saya kira menjadi jalan tengah supaya bagaimanapun scuba itu juga bisa sehat di pakai, kan begitu," kata dr Budi menjelaskan tulisannya yang viral, seperti diberitakan detik.com, Jumat (18/9/2020).

    Menurut dr Budi, masker scuba masih efektif digunakan jika dipakai dobel dengan dilapisi tisu di tengahnya. Tisu yang terbentuk dari Randomized Fiber Construction, menurutnya punya pori sangat kecil, setara dengan Hepa Filter.

    #Kamis Misteri: Alas Purwo, Hutan Tertua di Pulau Jawa Tempat Kerajaan Jin Berada

    Masker Kain 3 Lapis Lebih Baik

    Namun tidak semua pakar sependapat. Dokter paru dari RS Persahabatan, dr Erlina Burhan SpP(K), menekankan sifat tisu yang mudah basah, sehingga tidak efektif. Belum lagi tekstur scuba yang sangat elastis membuat tisu mudah bergeser lalu jatuh.

    "Jadi nggak ada gunanya juga," tegas Erlina.

    Masker kain 3 lapis yang dicuci ulang, meski efektivitasnya tetap di bawah masker bedah, menurut Erlina, lebih aman digunakan. Pencucian ulang pada masker kain juga mengurangi risiko adanya bahan kimia berbahaya pada lapisan tisu.

    "Ya kalau ada zat kimia, lalu ditempel lama di hidung dan mulut kan itu memang sih menurut saya tidak dianjurkan. Tidak dianjurkan scuba dilapisi tisu," jelas dr Erlina.

    Waduh! Aksi Perpeloncoan Mahasiswa Baru Terulang Lagi, Kali Ini di Bengkulu

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.