Bencana Longsor Terjang Lumajang, Jalan Antarkecamatan Terputus

Bencana tanah longsor menerjang Lumajang dan menutup jalan antarkecamatan.

Bencana Longsor Terjang Lumajang, Jalan Antarkecamatan Terputus Akses jalan yang tertimbun longsor di Kecamatan Tempusari sudah dibersihkan dan bisa dilalui kendaraan, namun petugas memberlakukan jalur buka-tutup di jalan tersebut pada Senin (22/6/2020). (Antara/ HO - BPBD Lumajang)

    Madiunpos.com, LUMAJANG -- Hujan lebat yang mengguyur Lumajang, Jawa Timur, pada Minggu (21/6/2020) sore hingga malam menyebabkan bencana longsor dan pohon tumbang. Material longsor menutup ruas jalan yang menghubungkan dua kecamatan, namun dilaporkan tidak ada korban jiwa.

    "Hari ini alat berat diterjunkan ke lokasi longsor yang merupakan akses yang menghubungkan Kecamatan Tempursari dan Kecamatan Pronojiwo tersebut," kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, Senin (22/6/2020), seperti dilansir Antara.

    Tanah longsor dan pohon tumbang menutup bahu jalan Desa Pundungsari, Kecamatan Tempursari sepanjang 25 meter dengan tinggi material longsor sekitar 1 meter hingga 2,5 meter.

    Update Covid-19 Jatim! Jadi 9.528 Pasien

    Kondisi di Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari, material longsor menutup jalan sepanjang 6 meter lebih dengan tinggi material sekitar 1 meter. Hal ini menyebabkan arus lalu lintas dari Kecamatan Tempursari menuju Kecamatan Pronojiwo di Lumajang tertutup total.

    Wawan menjelaskan Babinsa Desa Pundungsari dan Desa Kaliuling beserta anggota Koramil 0821/18 Tempursari dan warga gotong royong menyingkirkan material longsor. Karena banyak, upaya pembersihan lokasi longsor ini berjalan dari sore hingga malam.

    "Mereka menggunakan alat seadanya berupa cangkul, skop, arko dan parang, namun karena material cukup banyak maka disarankan menggunakan alat berat," katanya.

    Densus 88 Datangi Perumnas Mojopurno Madiun, Selidiki Kasus Penyerangan Wakapolres Karanganyar

    Lokasi jauh

    Wawan mengatakan satu unit alat berat milik BPBD Lumajang berangkat menuju lokasi kejadian. Akan tetapi karena rute yang akan dilalui cukup jauh, sehingga transit lebih dulu di wilayah Kecamatan Pronojiwo. "Pagi ini bergerak kembali menuju lokasi tanah longsor," ujarnya.

    Petugas memberlakukan buka-tutup jalan yang menghubungkan dua kecamatan di Lumajang tersebut. Sehingga BPBD Lumajang mengimbau pengendara dan pengguna jalan untuk berhati-hati saat melintas jalan itu.

    Tidak hanya longsor, hujan deras di Kecamatan Tempursari juga menyebabkan banjir di permukiman warga di Dusun Krajan, Dusun Ngrawan, dan Dusun Tempursari di Desa Tempursari.

    Penyerang Wakapolres Karanganyar Baru Keluar dari Penjara karena Kasus Terorisme



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.