Alhamdulillah, Gempa di Pacitan Tak Menimbulkan Kerusakan

Gempa yang mengguncang Pacitan dini hari tadi tidak menimbulkan kerusakan berarti.

Alhamdulillah, Gempa di Pacitan Tak Menimbulkan Kerusakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa (tanda bintang merah) yang mengakibatkan gempa bumi bermagnitudo 5,0 terjadi di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Senin dini hari (22/6/2020). (bmkg.go.id)

    Madiunpos.com, PACITAN -- Gempa berskala magnitudo 5,0 yang mengguncang Pacitan, Jawa Timur, pada Senin (22/6/2020) dini hari tidak menimbulkan kerusakan berarti. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan hingga siang tadi belum menerima laporan kerusakan.

    "Sampai dengan pagi hingga siang ini belum ada laporan dampak gempa tadi," kata Kepala Pelaksana BPBD Pacitan, Didik Alih Wibowo, seperti dikutip dari detik.com.

    Dia membenarkan guncangan gempa yang terjadi sekitar pukul 02.33 WIB tersebut dirasakan sangat kuat. Warga pun berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

    Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Pacitan

    Tidak itu saja, sesuai pengamatan Didik, banyak warga yang membunyikan peringatan tanda bahaya. Mereka memukul kentongan maupun benda lain untuk membangunkan warga lain yang masih terlelap.

    Menurutnya, apa yang dilakukan warga merupakan wujud kearifan lokal yang harus dijaga. Hal itu sekaligus bentuk mitigasi bencana yang sudah tertanam turun temurun. "Itu sebagai bentuk kesiapsiagaan mandiri yang harus selalu melekat dalam kehidupan sehari-hari. Saya berharap bisa terus ditingkatkan," tambahnya.

    Didik menambahkan, meskipun beberapa kali peristiwa gempa tak menimbulkan dampak, masyarakat diimbau tetap waspada namun tidak panik. Tentu saja dengan terus memantau informasi dari lembaga resmi.

    Densus 88 Datangi Perumnas Mojopurno Madiun, Selidiki Kasus Penyerangan Wakapolres Karanganyar

    BPBD sendiri memastikan perangkat Tsunami Early Warning System (TEWS) masih berfungsi dengan baik. Ini karena perawatan dilakukan rutin bersama BMKG. "Tiap tanggal 26 (TEWS) diuji coba. Alhamdulillah semua normal," tandasnya.

    Gempa M 5,0 terjadi pada koordinat 9.11 LS,110.85 BT atau 107 Km arah barat daya Pacitan. Epicenter gempa berada pada kedalaman 63 km. Kejadian alam itu tak berpotensi tsunami.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.