BMKG: 7 Kabupaten/Kota di Jatim Siaga Banjir Bandang

Data daerah siaga banjir bandang yaitu, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Kota Probolinggo, Sidoarjo, dan Kota Pasuruan.

BMKG: 7 Kabupaten/Kota di Jatim Siaga Banjir Bandang Perkiraan cuaca hari ini dari BMKG Juanda (Tangkapan Layar/detikcom)

    Madiunpos.com, SURABAYA - BMKG Juanda Surabaya memperkirakan pada 23-24 Februari 2021 berpotensi banjir bandang dampak hujan deras. Dari 35 daerah di Jawa Timur (Jatim), tingkat potensi banjir mulai dari waspada hingga siaga.

    Potensi dampak hujan lebat ini, BMKG Juanda mencatat tujuh daerah di antaranya siaga dan 28 lainnya waspada. Data daerah siaga banjir bandang yaitu, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Kota Probolinggo, Sidoarjo, dan Kota Pasuruan.

    Sementara daerah yang waspada yakni, Kota Malang, Jember, Situbondo, Mojokerto, Gresik, Kota Surabaya, dan Lamongan. Kemudian Kota Batu, Banyuwangi, Bondowoso, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, dan Ngawi. Selain itu Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kediri, Kota Kediri, Blitar, Tulungagung, dan Kota Blitar. Daerah lainnya yakni Ponorogo, Trenggalek, Pacitan, Magetan, Madiun, dan Kota Madiun.

    Dipangkas, Cuti Bersama Hari Raya Idulfitri Cuma Sehari

    Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto, menyebut data tersebut merupakan perkiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG Jakarta. Perkiraan khususnya untuk 23 Februari 2021.

    Ia juga mengimbau kepada masyarakat Jawa Timur, pada periode Februari ini masih didominasi puncak musim hujan.

    "Potensi cuaca yang terjadi masih cukup tinggi dan intens hampir merata di wilayah Jatim," kata Teguh saat dihubungi detikcom, Selasa (23/2/2021).

    Gelapkan 19 Mobil, Ibu Rumah Tangga Dibekuk, Suami Buron

    Teguh juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Terlebih hujan yang disertai angin kencang sesaat.

    "Waspadai efek lanjutan potensi genangan, banjir, banjir bandang dan tanah longsor. Perlunya kesadaran dan kerja sama dari masyarakat untuk tetap tenang tetapi tetap waspada, selalu meng-update harian untuk informasi cuaca di sosmed dan web kami [BMKG]," pungkasnya.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.