Bunga Langka Ini Tumbuh Cantik di Surabaya

Tumbuhnya bunga langka nan cantik mawar venezuela di Kota Surabaya.

Bunga Langka Ini Tumbuh Cantik di Surabaya Mawar venezuela yang berhasil mekar di Surabaya, Kamis (16/7/2020) (liputan6.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Dua pohon langka tumbuh di Kota Surabaya, Jawa Timur. Yang bikin spesial, pohon ini ternyata menghasilkan bunga cantik berwarna merah yang biasa disebut mawar venezuela.

    Fenomena ini mengejutkan sejumlah pihak, termasuk Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya, Erna Purnawati. Ia tak menyangka tanaman yang seharusnya hanya bisa hidup di suhu dingin berkisar 19-25 derajat Celsius ini menghasilkan bunga yang kini mekar begitu indah. Ia juga berpikir kalau bunga yang tumbuh hanya satu, ternyata semakin lama semakin bertambah banyak.

    “Kami tanam tanaman itu pada tahun 2012. Alhamdulillah kemarin kita kaget karena mekar. Terus yang bikin kaget lagi, tak pikir satu [bunganya], ternyata nambah-nambah,” kata Erna, Kamis (16/7/2020), seperti dilansir liputan6.com.

    Siswi SD Kabur Usai Dimarahi Ibu Karena Habiskan Pulsa untuk Daring

    Hanya ada dua batang pohon mawar venezuela di Surabaya. Yang pertama di pedestrian Jl. Sedap Malam, sedangkan yang kedua terletak di sisi kiri Museum Bank Indonesia (BI).

    Mawar venezuela yang berhasil mekar di Surabaya, Kamis (16/7/2020) (liputan6.com)

    Instruksi Wali Kota

    Awal ditanamnya bunga ini, kata Erna, berdasarkan instruksi Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Pada saat sedang membangun pedestrian jalan untuk mencegah terjadinya genangan, Risma juga mengatur motif Penerangan Jalan Umum (PJU) serta tanaman-tanaman yang akan menghiasinya. Ia pun memilih tanaman-tanaman yang langka dan unik.

    “Karena Bu Wali orang arsitek, jadi tidak sekadar membangun pedestrian. PJU-nya, motifnya, juga disentuh sama Bu wali. Kemudian tanamannya waktu itu Bu Wali juga minta yang langka-langka,” terangnya.

    #Kamis Misteri: Ini Makhluk Gaib yang Kerap Muncul di Monumen Kresek Madiun

    Erna memberi contoh seperti pohon pule, jacaranda, dan burea monosperma tidak ada yang menanamnya di kota. Sebab tumbuhan itu habitatnya di iklim yang dingin seperti di hutan atau di luar negeri. Namun di pedestrian Surabaya, pohon-pohon ini tumbuh dengan subur. Termasuk bunga lampion yang menjadi ide gagasan dari Wali Kota Risma.

    Tumbuhnya bunga lampion di pedestrian Kota Surabaya ini tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang melihatnya. Hal tersebut dapat menambah estetika jalan.

    Cara perawatannya pun cukup mudah, yaitu dengan menyiraminya dengan air yang cukup serta diberi pupuk agar tumbuh dengan subur. Rencananya, tanaman ini akan dicangkok dan dicoba untuk dikembangkan lagi.

    Di Tangan 2 Pemuda Ini, Pipa Paralon Bekas Bisa Bernilai Jutaan Rupiah

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.