CAR FREE DAY MADIUN : Promosi di CFD Madiun, Begini Cara Jadi Mahasiswa ITN Malang…

CAR FREE DAY MADIUN : Promosi di CFD Madiun, Begini Cara Jadi Mahasiswa ITN Malang… Tim dari ITN Malang promosi penerimaan mahasiswa baru di arena Car Free Day Madiun, Minggu (14/2/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Car Free Day atau CFD Madiun dijadikan ajang promosi penerimaan mahasiswa baru ITN Malang.

    Madiunpos.com, MADIUN — Institut Tekologi Nasional (ITN) Malang membuka pendaftaran mahasiswa baru di Kota Madiun. Penerimaan mahasiswa baru di Madiun itu dilakukan ITN supaya warga eks-Keresidenan Madiun tidak perlu repot-repot datang ke Malang. ITN Malang bahkan memanfaatkan ajang Car Free Day (CFD) Madiun sebagai tempat promosi.

    Anggota Bagian Promosi ITN Malang, Hendry Sukmana, mengatakan warga Madiun Raya yang ingin mendaftarkan diri ke ITN tidak perlu ke Malang, ITN membuka stand pendaftaran di Kantor Radio Ge FM di Jl. Pesanggrahan V, Taman, Madiun.

    Dia mengatakan pembukaan stand pendaftaran di Madiun itu karena melihat antusiasme warga Madiun untuk menuntut ilmu di ITN cukup besar. “Mahasiswa ITN yang dari eks-Keresidenan Madiun cukup banyak. Untuk itu, kami membuka pendaftaran di Madiun. Promosi di ajang CFD Madiun ini baru kali pertama dilakukan ITN. Kami berharap, masyarakat Madiun lebih mengenal ITN,” jelas dia saat berbincang dengan Madiunpos.com di arena Car Free Day Madiun, Minggu (14/2/2016).

    Hendry menyampaikan untuk pendaftaran dan seleksi masuk mahasiswa baru ITN akan dibagi menjadi tiga gelombang, yaitu gelombang I dibuka dari 2 Januari 2016 hingga 10 Juni 2016, gelombang II dari 11 Juni 2016 hingga 15 Juni 2016, dan gelombang III mulai 16 Juli 2016 hingga 19 Agustus 2016.

    ITN Malang memiliki dua fakultas dengan 13 progam studi (prodi), yaitu Fakultas Teknologi Industri (FTI) dengan prodi S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Industri, S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Informatika, D III Teknik Mesin, D III Teknik Listrik, dan D III Teknik Industri. Untuk Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) dengan prodi S1 Teknik Sipil, S1 Arsitektur, S1 Perencanaan Wilayah dan Kota (Teknik Planologi), S1 Teknik Geodesi, dan S1 Teknik Lingkungan. Selain itu, ITN Malang juga membuka pendaftaran untuk Program Pascasarjana Magister Teknik dengan prodi S2 Teknik Industri konsentrasi Manajemen Industri dan S2 Teknik Sipil konsentrasi Manajemen Konstruksi serta konsentrasi Manajemen Sumber Daya Air.

    Berbagai Jalur Penerimaan
    Lebih lanjut, kata Hendry, ITN Malang juga membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru seperti jalur prestasi, jalur regular, jalur kemitraan, dan jalur beasiswa.

    Penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi didasarkan pada prestasi akademik dan non-akademik siswa selama berada di kelas XII. Siswa berprestasi akan diterima tanpa tes dengan beberapa persyaratan antara lain, warga negara Indonesia atau warga negara asing yang memenuhi ketentuan sebagaimana ditetapkan oleh Kemenristekdikti, menyerahkan fotokopi rapor kelas XII yang telah dilegalisasi, nilai rapor kelas XII rata-rata 80 atau memiliki prestasi di bidang olahraga atau seni minimal tingkat kabupaten/kota, fotokopi Surat Tanda Lulus (STL) yang sudah dilegalisir satu lembar, membayar biaya pendaftaran Rp300.000, dan pas foto berwarna 3 cm x 4 cm tiga lembar.

    Untuk penerimaan mahasiswa baru jalur regular didasarkan pada hasil tes potensi akademik, dengan syarat WNI/WNA, fotokopi rapor kelas XII atau ijazah paket C yang telah dilegalisir, membayar biaya pendaftaran Rp300.000, pas foto berwarna 3 X 4 tiga lembar, fotokopi  STL atau ijazah Paket C yang sudah dilegalisir, fotokopi KTP satu lembar, dan mengikuti ujian seleksi masuk ITN Malang.

    Penerimaan jalur kemitraan berdasarkan kerja sama antara ITN Malang dengan SMA/SMK/MA atau pemerintah daerah dan negara sahabat. Persyaratan dari jalur ini antara lain WNI/WNA, pengusulan dilakukan secara kolektif oleh pihak sekolah asal, pemerintah daerah, dan pihak lain atas undangan ITN Malang berdasarkan kesepakatan, dan menyelesaikan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku.

    Sedangkan untuk jalur beasiswa diberikan atas prestais yang telah diraih calon mahasiswa ITN Malang. ITN Malang akan membebaskan pembayaran SPP semester pertama apabila memenuhi persyaratan seperti memiliki nilai rapor kelas XII rata-rata minimal 85 dan memiliki prestasi di bidang olahraga atau seni selama duduk di kelas X hingga XII minimal tingkat provinsi. “ITN Malang juga memberikan beasiswa yang bersumber dari Bidikmisi, PPA, BBM, Bank BNI, dan Bank BRI,” kata dia.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
    KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.