Cara Unik Karta Heppiii Community Madiun Bagikan Daging Kurban

Sejumlah karang taruna (karta) yang tergabung dalam Hepiii Community Madiun akan membagikan daging kurban menggunakan besek dari anyaman bamboo.

Cara Unik Karta Heppiii Community Madiun Bagikan Daging Kurban Karang Taruna Persada Dagangan akan menggunakan besek dari anyaman bambu sebagai wadah saat membagikan paket kurban Idul Adha, dilaksanakan pada 21 Juli 2021. (Istimewa)

    Solopos.com, MADIUN – Heppiii Community Madiun tak pernah kehilangan kreativitas. Sejumlah karang taruna (karta) yang tergabung dalam komunitas tersebut siap mewujudkan kreativitas mereka saat membagikan daging kurban di momen Idul Adha 1442 H.

    Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum Hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITABerbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’.

    Kegiatan ini melibatkan 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota. Namun dalam pelaksanaan nanti, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

    Baca juga: Jelang Iduladha, Polisi Sekat dan Tutup 350 Titik Jalan di Jawa Timur

    Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

    Kegiatan oleh Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan kepada masyarakat di 42 kabupaten/kota di Indonesia Timur.

    Pada tanggal 21 Juli 2021, Karta Persada Dagangan, Desa Dagangan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun akan membagikan daging kurban dengan menggunakan dokar kuda. Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, pembagian daging kurban juga menggunakan wadah dari anyaman bambu hasil kerajinan UMKM Desa Dagangan. Selain itu, penerima daging kurban juga akan mendapat masker.

    Baca juga: Melalui Sewu-Sewu Ae, Pemuda Madiun Bantu UMKM dan Pasien Covid-19 yang Isoman

    Pembagian Daging Kurban

    Pembagian daging dengan wadah dari anyaman bambu juga akan dilakukan Karta Dasa Mulyo Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun yang juga merupakan bagian dari Heppiii Community Madiun. Namun bedanya, anggota Karta Dasa Mulyo akan menggunakan kostum Mataraman.

    “Teman-teman karta memang punya inisiatif sendiri untuk tampil unik saat membagikan daging kurban. Salah satu alasan mereka tampil unik ini adalah untuk menghibur warga di tengah pandemi COVID-19,” kata Belladira, selaku Penanggung Jawab Heppiii Community Madiun, Sabtu (17/7/2021).

    Namun menurut Ibel, sapaan karib Belladira, kegiatan ini akan diikuti perwakilan karta. Ini untuk mencegah kerumunan di tengah pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Selama kegiatan tersebut, mereka juga akan tetap menerapkan protokol kesehatan.

     

     



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.