Unik! Panitia Kurban 10 Desa di Ponorogo Bakal Kompak Kenakan Baju Seniman Reog

Penggunaan pakaian adat reog oleh panitia ini adalah wujud kecintaan terhadap kearifan lokal khas Ponorogo yang selama pandemi ini tidak banyak tampil.

Unik! Panitia Kurban 10 Desa di Ponorogo Bakal Kompak Kenakan Baju Seniman Reog Sejumlah komunitas yang berada di Ponorogo siap membagikan daging kurban dengan menakai pakaian khas ala seniman reog. Pembagian dilakukan dengan protokol kesehatan ketat. (Istimewa)

    Madiunpos.com, PONOROGO — Gabungan 10 komunitas dari karang taruna (karta) Heppiii Community dan anak motor Bold Riders Ponorogo bakal menggelar kegiatan pembagian paket daging kurban dengan cara yang unik. Semua panitia di berbagai desa di Ponorogo bakal mengenakan pakaian seniman reog.

    Koordinator acara Andri Kristiawan mengatakan setiap komunitas akan mengirimkan 10 perwakilannya untuk menjadi bagian dari panitia dan akan bertugas di sekitar 10 lokasi berbeda di Ponorogo.

    Pihaknya membatasi jumlah panitia agar tidak menciptakan kerumunan. Standar protokol kesehatan dijalankan ketat di setiap lokasi penyembelihan hewan kurban.

    "Penggunaan pakaian adat reog oleh panitia ini adalah wujud kecintaan terhadap kearifan lokal khas Ponorogo yang selama pandemi ini tidak banyak tampil. Selain membagikan daging kurban, panitia juga akan mensosialiasikan prokes Covid-19 ke masyarakat," katanya pada Sabtu (17/7/2021).

    Total ada 10 ekor kambing yang akan dibagikan kepada masyarakat. Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun kemarin 6 ekor. Sebagai wujud dukungan terhadap pengelolaan lingkungan, nantinya sebagian besar wadah daging kurban akan menggunakan besek hasil karya dari warga sekitar.

    Baca Juga: Cara Unik Karta Heppiii Community Madiun Bagikan Daging Kurban

    10 Komunitas yang akan mengikuti kegiatan ini adalah karta Desa Prajegan, kemudian Desa Sukosari, Desa Japan, Desa Pulung, Desa Kupuk, Desa Ngadirejan, Kelurahan Keniten, Kelurahan Tonatan. Komunitas lainnya yang tergabung juga dari Bold Riders Probolinggo seperti KN4T atau Komunitas Ninja 4Tak, serta PRKC atau Ponorogo RX King Community.

    Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITABerbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’. Kegiatan ini melibatkan 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota.

    Panitia kurban pakai reog
    Sejumlah komunitas yang berada di Ponorogo siap membagikan daging kurban dengan menakai pakaian khas ala seniman reog. Pembagian dilakukan dengan protokol kesehatan ketat. (Istimewa)

    Namun, dalam pelaksanaan nanti, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

    Baca Juga: Patut Dicontoh! Begini Cara Karta Heppiii Community Madiun Angkat Ekonomi Warga

    Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

    Kegiatan oleh Kolaborasi KITA ini merupakan tahun ke dua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan kepada masyarakat di 42 kabupaten/kota di Indonesia Timur.



    Editor : Danang Nur Ihsan

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.