Cegah Penyakit Jantung dengan Konsumsi Buah Berikut

Salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan pola makan yang sehat. Ada beberapa buah yang patut dikonsumsi untuk kesehatan jantung.

Cegah Penyakit Jantung dengan Konsumsi Buah Berikut Buah pisang. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) setidaknya 2.784.064 orang di Indonesia mengidap penyakit jantung.

    Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat, sehingga menimbulkan penyakit yang memicu penyakit jantung. Contohnya tekanan darah tinggi, diabetes, hingga kolesterol tinggi.

    Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan gejala penyakit jantung sejak dini. Pola hidup sehat menjadi salah satu cara agar Anda terhindar dari penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi buah-buahan yang baik untuk kesehatan jantung, Anda dapat menghindari risiko terkena penyakit jantung.

    Waduh! Besok Coblosan, Hasil Rapid Test Ribuan KPPS di Jatim Malah Reaktif

    Dikutip dari alodokter.com, Selasa (08/12/2020), berikut ini beberapa buah yang patut untuk dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung.

    1. Pisang

    Pisang kaya akan vitamin C, vitamin B6 dan kalium. Kalium merupakan mineral yang memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah dan melemaskan dinding pembuluh darah. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan garam atau natrium yang rendah.

    Kombinasi natrium rendah dan kalium tinggi ini dapat membantu mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil, sehingga risiko terkena penyakit jantung pun berkurang.

    Duar! PN Kota Probolinggo Dilempar Bondet Orang Tak Dikenal

    1. Buah Sitrus

    Buah sitrus merupakan golongan buah yang terdiri dari jeruk, lemon, jeruk limau, jeruk nipis dan pomelo. Buah-buahan ini mengandung serat serta antioksidan flavonoid dan vitamin C yang diketahui baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

    Tidak hanya itu, buah sitrus juga baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah agar tidak membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung.

    1. Apel

    Apel terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga membantu melindungi jantung Anda. Bahkan, mengkonsumsi satu buah apel setiap hari selama satu bulan dipercaya dapat mengurangi risiko terbentuknya sumbatan pada pembuluh darah hingga 40%.

    MA Tolak Pemakzulan Bupati Jember Faida

    1. Alpukat

    Alpukat memang mengandung lemak. Namun, jenis lemak yang terkandung di dalamnya adalah jenis lemak sehat yang disebut lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

    Tak hanya itu, buah ini juga dapat meningkatkan kadar lemak baik (HDL) dalam tubuh, serta kaya akan antioksidan dan kalium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

    1. Anggur

    Buah anggur merah mengandung senyawa resveratrol yang banyak ditemukan di bagian kulitnya. Senyawa inilah yang memberikan warna merah keunguan pada buah anggur. Resveratrol diketahui memiliki sifat antioksidan yang baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah jantung.

    Tak hanya itu, anggur juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, serta mengatasi peradangan.

    Tersengat Jebakan Tikus Listrik Buatan Sendiri, Petani di Ngawi Meninggal

    1. Tomat

    Tomat merupakan sumber antioksidan likopen. Likopen dipercaya bisa membantu menghilangkan lemak jahat, mencegah penyumbatan pada pembuluh darah, hingga mengurangi risiko serangan jantung.

    1. Beri

    Buah beri seperti stroberi, rasberi, dan blueberry mengandung antioksidan antosianin yang memberi warna merah dan biru. Senyawa tersebut baik untuk jantung karena dipercaya mampu menjaga kelenturan pembuluh darah, menstabilkan tekanan darah, serta mengurangi peradangan.

    Karena khasiat tersebut, buah beri dianggap baik untuk pemulihan setelah sakit jantung serta mengurangi risiko munculnya kembali penyakit jantung.

    Alhamdulillah, Ketum PBNU Said Aqil Siroj Sembuh dari Covid-19

    1. Delima

    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus delima setiap hari selama 3 bulan secara rutin dapat membantu melancarkan sirkulasi darah ke jantung.

    Delima mengandung banyak antioksidan, termasuk antosianin dan polifenol, yang dapat menjaga kelenturan pembuluh darah dan mencegah tekanan darah tinggi.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.