5 Mitos tentang Tidur, Masih Percaya?

Tidur adalah aktivitas yang bermanfaat. Namun ada beberapa orang yang masih mempercayai mitos tentang tidur.

5 Mitos tentang Tidur, Masih Percaya? Ilustrasi tidur. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Tidur adalah kebutuhan dasar manusia. Tidur dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh, menyeimbangkan kadar hormon, menurunkan tekanan darah dan lain sebagainya.

    Tidur dapat menghindarkan Anda dari risiko penyakit tertentu dan meningkatkan kualitas hidup. Namun, seringkali masih banyak orang yang menyepelekan tidur. Bahkan ada beberapa hal yang sering diyakini masyarakat tentang tidur yang ternyata hanya mitos.

    Namun, setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk kualitas tidur yang bisa mereka dapat. Ada beberapa mitos tentang tidur yang masih dipercaya hingga saat ini. Berikut ini beberapa mitosnya dikutip dari okezone.com, Selasa (08/12/2020).

    Tak Terdaftar Gelar Quick Count, Lembaga Survei akan Ditindak Bawaslu

    1. Bergegas awal, tidur lebih cepat

    Banyak yang beranggapan bergegas lebih awal ke tempat tidur membuat diri lekas terlelap, tapi sebenarnya tidak. Jika Anda menghabiskan waktu di ranjang setiap malam tanpa tidur, tubuh Anda justru akan menganggap kebiasaan tersebut sebagai sebuah kondisi di mana Anda sedang tidak beristirahat. Sehingga dapat memicu timbulnya insomnia. Beranjak ke tempat tidur bila Anda benar-benar sudah merasakan kantuk.

    1. Mendengkur

    Semua orang pasti sepakat  jika mendengkur merupakan hal yang menjengkelkan, tapi sebetulnya itu berbahaya dan bisa menandakan Anda mengidap penyakit serius. Mendengkur dapat menjadi gejala dari masalah yang serius yakni, OSA (Obstructive Sleep Apnea). Penyakit ini menyebabkan penyumbatan sebagian atau total saluran udara. Masalah ini juga mengganggu kualitas tidur Anda dan juga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan masih banyak lagi.

    Cegah Penyakit Jantung dengan Konsumsi Buah Berikut

    1. Alkohol bantu masalah tidur

    Selain memberi Anda alasan untuk lebih sering minum, mitos ini sama sekali tidak berkaitan dengan tidur. Alkohol sebenarnya berlawanan dengan apa yang Anda pikirkan terkait tidur. Sebab, alkohol dapat membatasi tubuh Anda memproduksi melatonin. Melatonin diperlukan tubuh untuk membuat tidur lebih nyenyak dan nyaman. Mengkonsumsi alkohol juga membuat Anda merasa tidak sepenuhnya istirahat.

    1. Melawan kantuk dengan turunkan jendela mobil

    Merasa kantuk saat mengemudikan kendaraan sudah menjadi hal yang lumrah. Banyak orang yang berasumsi bahwa dengan membuka jendela mobil atau menyalakan AC dapat mengusir rasa kantuk. Ini salah besar. Satu-satunya solusi yang bisa Anda lakukan adalah menghentikan mobil sejenak di tempat yang aman untuk beristirahat, atau mencari minuman seperti kopi.

    Alhamdulillah, Ketum PBNU Said Aqil Siroj Sembuh dari Covid-19

    1. Masalah kurang tidur

    Kurangnya kuantitas dan kualitas tidur diklaim sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mendapatkan tidur berkualitas sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik, serta mampu memulihkan otot yang tegang.

    Bagi orang dewasa disarankan memiliki porsi tidur 7 hingga 9 jam setiap malam. Kurangi kebiasaan begadang, pikirkanlah efek jangka panjang bagi kesehatan tubuh Anda.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.