Dinas Kominfo Kota Madiun Membina 27 KIM di Kelurahan untuk Tangkal Hoaks

Dinas Kominfo Kota Madiun Membina 27 KIM di Kelurahan untuk Tangkal Hoaks ilustrasi teknologi informasi. (teqiq.com)

    Dinas Kominfo Kota Madiun membina 27 KIM.

    Madiunpos.com, MADIUN -- Sebanyak 27 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) menjadi target binaan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Madiun. Puluhan KIM itu tersebar di kelurahan yang ada di wilayah setempat.

    Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun Subakri mengatakan KIM merupakan satu wadah dari masyarakat untuk mengelola informasi yang berkembang di lingkungannya.

    "Selain itu, KIM juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan potensi budaya maupun ekonomi yang dikelola masyarakat kelurahan setempat," ujar Subakri, Rabu (28/2/2018).

    Dia menambahkan KIM juga berfungsi menangkal berita yang belum pasti kebenarannya atau hoaks.

    "KIM juga berperan sebagai corong pemerintah daerah setempat yang bertugas menyebarkan kebijakan agar diketahui oleh warga masing-masing keluarahan," kata dia.

    Adapun salah satu bentuk kepedulian Dinas Kominfo Kota Madiun dalam pembinaan adalah melaksanakan bimbingan berkelanjutan dengan menggandeng ahli teknologi informasi dan komunikasi untuk mengelola lembaga tersebut dengan bijak.

    Pembinaan berjenjang itu, lanjut Subakri, akan ditindaklanjuti dengan mengikutsertakan KIM dalam Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) di tingkat provinsi. LCCK dimaksud untuk memacu perkembangan KIM di masa yang akan datang, serta dapat memunculkan penilaian KIM sesuai indakator kunci kinerja.

    Untuk mengikuti LCCK, KIM harus terdaftar dan terintegrasi dengan website KIM Provinsi Jawa Timur dan membuat informasi yang ditampilkan di website tersebut.

    Dengan mengikuti LCCK, kata dia, KIM suatu kelurahan tertentu akan semakin maju, inovatif, dan kreatif dalam memberikan konten informasi yang positif untuk masyarakat.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.