Game Startup Lokal Wajib Ikutan, Indigo Game Startup Incubation Kembali Digelar

Telkom terus mendorong tumbuhnya industri game nasional salah satunya melalui program Indigo Game ini.

Game Startup Lokal Wajib Ikutan, Indigo Game Startup Incubation Kembali Digelar Indigo Game Startup

    Madiunpos.com, JAKARTA — Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi sekaligus sebagai upaya mendukung ekosistem digital Indonesia, Leap-Telkom Digital kembali menggelar Indigo Game Startup Incubation batch ke-5. Pendaftaran Indigo Game Startup Incubation dibuka mulai 15 Februari 2022 hingga 7 April 2022.

    Leap Telkom Digital meyakini industri game di Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang dan menjadi pemain utama di rumahnya sendiri. Ini tentunya didukung pendanaan dan pendampingan talenta digital terbaik. Ini pula yang menjadi alasan  Indigo Game Startup Incubation kembali dibuka.

    Setelah melewati masa pendaftaran, para peserta diarahkan untuk mengikuti fase Bootcamp & Selection pada Februari sampai dengan Mei 2022. Pada tahap ini peserta akan diberi pembekalan materi tentang product development dan diakhiri dengan pitching konsep serta prototype game. Tahapan inkubasi akan berjalan selama 5 bulan, mulai Juni hingga November 2022.

    Baca Juga: Lewat Agree Telkom Dukung Digitalisasi Pertanian PMO Kopi Nusantara

    Sebagai penutup, pada November 2022 Program Indigo Game Startup Incubation juga akan mengadakan acara Internal Demo Day sebagai ajang showcase karya masing-masing peserta sekaligus sebagai seleksi tahapan inkubasi berikutnya di Program Indigo.

    Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid mengatakan penguatan kapabilitas game developer Indonesia sudah menjadi perhatian pemerintah karena sudah dianggap hal yang penting bagi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

    "Oleh karena itu, Telkom terus mendorong tumbuhnya industri game nasional salah satunya melalui program Indigo Game ini. Kami berharap Indigo Game dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi pertumbuhan konten game karya anak bangsa,” kata dia.

    Baca Juga: Telkom Siapkan Atlet eSport Terbaik Lewat LEAD by IndiHome

    Sejak tahun 2019, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom telah menginisiasi sebuah program inkubator yaitu Indigo Game Startup Incubation. Upaya berkelanjutan ini adalah langkah awal yang diambil dalam rangka memajukan industri game di Indonesia.

    Program Indigo Game Startup Incubation yang berada di bawah naungan Indigo serta merupakan hasil kerja sama antara Telkom dengan PT Agate International dan didukung oleh PT Melon Indonesia.

    Indigo Game Startup Incubation menawarkan berbagai keuntungan bagi game startup yang berhasil masuk ke tahap inkubasi. Para startup mendapatkan pelatihan mendalam terkait pengetahuan bisnis game dengan pendampingan langsung dari para mentor ahli serta fasilitas pengembangan termasuk coworking space yang memudahkan akses alat pengembangan dalam menunjang pembuatan produk, hingga dana pengembangan.

    Baca Juga: Erick Thohir Targetkan Telkom Jadi Perusahaan Digital Terbesar di Asia Tenggara

    Para kandidat terpilih juga berkesempatan untuk menguji target pasar dengan melakukan uji validasi, retensi pemain, dan monetisasi produk mereka. Di akhir program, terdapat pitching event bagi startup, yang diharapkan dapat menarik minat para mitra potensial untuk memublikasikan game yang telah diproduksi.

    Sejak awal diluncurkan, Indigo Game Startup Incubation telah diikuti oleh 200 game startup, menginkubasi 27 game startup, serta menghasilkan 14 studio terpilih yang lulus pitching pada akhir program dan berhasil mendapatkan kesempatan pendanaan lanjutan di program Indigo.

    Diharapkan ke depannya program ini semakin memperkuat ekosistem game di Indonesia dan siap untuk mendunia. Indigo merupakan bagian dari Leap yakni umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.

    Baca Juga: Masuk Jajaran Brand Finance Global 500, Telkom Jadi Satu-Satunya Perusahaan dari Indonesia

    Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.

    Informasi lebih lanjut terkait pendaftaran Indigo Game Startup Incubation (IGSI) batch 5 bisa didapatkan dengan mengakses website Indigo Game pada link https://game.indigo.id/.



    Editor : Danang Nur Ihsan

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.