Gedung SD Bakal Disulap Jadi Museum Geopark Lumpur Sidoarjo

Pj. Bupati Sidoarjo, Hudiyono, mengatakan lokasi Museum Geopark Lusi dipilih di Kecamatan Porong di bekas gedung SDN Mindi 1.

Gedung SD Bakal Disulap Jadi Museum Geopark Lumpur Sidoarjo SDN Mindi 1, Sidoarjo. (Detikcom/Suparno)

    Madiunpos.com, SIDOARJO - Pemkab Sidoarjo akan membuat Museum Geopark Lumpur Sidoarjo (Lusi). Rencana pembuatan museum disampaikan Pj. Bupati Sidoarjo, Hudiyono, seusai mengunjungi Pulau Lusi mendampingi Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP, TB Haeru Rahayu.

    Lokasi Museum Geopark Lusi dipilih di Kecamatan Porong. Bekas gedung SDN Mindi 1 akan dimanfaatkan jadi destinasi wisata museum. Sebab, Museum Geopark Lusi yang sudah dibangun oleh PPLS (Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo) Kementerian PU PR, belum bisa dibuka untuk umum. Karena lokasinya masuk dalam kawasan area terbatas.

    Untuk itu, pemkab dalam waktu dekat akan memanfaatkan gedung SDN Mindi 1. Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata diminta Hudiyono segera melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan. Nantinya museum ini akan dikelola sendiri oleh Pemkab Sidoarjo.

    Baru Lahir, Bayi di Blitar Ditinggal Ibu dan Kakek yang Meninggal karena Covid-19

    "Karena Museum Geopark Lusi yang ada lokasinya masuk dalam kawasan tanggul lumpur dan sampai sekarang belum bisa dibuka untuk umum. Nah kita akan manfaatkan SDN Mindi 1 ini yang lama tidak terpakai ini untuk dijadikan museum. Karena status tanah masih milik pemkab belum ada ganti rugi dari pihak Lapindo," kata Hudiyono, Sabtu (16/1/2021)

    Didampingi Kepala Bappeda Heri Soesanto dan Kepala Disporapar Joko Supriadi, Hudiyono sempat melihat langsung kondisi museum yang dibangun PPLS. Kondisinya kurang terawat karena tidak ada petugas yang menjaga. Didampingi itu, akses masuknya juga sulit karena harus melewati bibir tanggul lumpur.

    "Dalam waktu seminggu, kondisi SDN Mindi 1 sudah bersih. Segera saja dilakukan pembersihan kalau bisa dalam waktu seminggu sudah bisa ditempati koleksi barang Museum Geopark Lusi," tambah Hudiyono.

    Covid-19 Gejala Ringan, Begini Tips Tetap Aman Isolasi Mandiri di Rumah

    Hudiyono bersama rombongan juga menyempatkan ziarah ke makam tokoh ulama kharismatik, KH Anas Al Ayubi, yang berada dekat dengan pusat semburan lumpur.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.