Gubernur Jatim Tunjuk Soekaryo Jadi Penjabat Sekda Bondowoso

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Pemprov Jatim, Soekaryo, ditunjuk sebagai Penjabat Sekda Bondowoso.

Gubernur Jatim Tunjuk Soekaryo Jadi Penjabat Sekda Bondowoso Pelantikan Soekaryo sebagai penjabat Sekda Bondowoso. (detik.com)

    Madiunpos.com, BONDOWOSO -- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menunjuk Kepala Biro (Kabiro) Administrasi Pembangunan Pemprov Jatim, Soekaryo, sebagai penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso. Pengambilan sumpah jabatan Soekaryo selaku Pj. Sekda Bondowoso telah dilakukan Bupati Bondowoso, Salwa Arifin, pada Jumat (11/9/2020).

    Penunjukkan Soekaryo ini menjadi buntut dari pencopotan sementara Syaifullah dari jabatan Sekda yang terjerat sejumlah kasus. Pertama, Syaifullah diduga melakukan pelanggaran etik berat sebagai Aparat Sipil Negara (ASN). Yakni melakukan ancaman kekerasan terhadap Alun Taufana, yang saat itu menjabat Kepala BKD Bondowoso.

    Kasus dugaan ancaman kekerasan ini lantas dibawa ke ranah hukum. Syaifullah saat ini tengah menjalani persidangan di pengadilan setempat sebagai tersangka. Sementara Inspektorat Provinsi Jatim juga telah melakukan pemeriksaan dan sidang kode etik terhadap Syaifullah.

    Gubernur Jatim Copot Sementara Jabatan Sekda Bondowoso

    Kasus berikutnya adalah chat mesra Syaifullah dengan seorang dokter wanita. Screenshot percakapan mesranya dengan seorang dokter perempuan yang juga ASN di Probolinggo bernama Hayu bocor di media sosial dan viral. Tangkapan layar itu sudah beberapa hari beredar dan bikin heboh di Bondowoso. Dalam percakapan itu, Hayu memanggil Sekda nonaktif itu dengan sebutan ayah. Di percakapan tersebut keduanya tampak sangat akrab.

    Bahkan, keduanya tampak saling berkirim foto. Di antaranya foto Syaifullah yang tampak bertelanjang dada, setengah telanjang, termasuk kata-kata romantis antar keduanya. Dari foto yang beredar, diketahui percakapan mesra itu dilakukan sejak beberapa bulan silam, tepatnya sekitar bulan Februari 2020.

    Bersinergi

    Pengangkatan Soekaryo sebagai Pj Sekda berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur No 821.2/3716/94/2020 tertanggal 7 September 2020. "Semoga, penjabat Sekda yang baru ini dapat bersinergi membangun Bondowoso," kata Bupati Salwa Arifin kepada wartawan usai acara pelantikan di pendapa kabupaten, dilansir detik.com.

    Baru Dibebastugaskan, Sekda Bondowoso Tersandung Kasus Chat Mesra dengan Dokter Perempuan

    Menurut Salwa, diangkatnya penjabat Sekda baru ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam membangun Bondowoso ke arah lebih baik. "Meski hanya sementara, tapi mudah-mudahan dapat bersama dalam menggerakkan roda pembangunan di Bondowoso," imbuh Salwa Arifin.

    Untuk diketahui, Gubernur Khofifah memberhentikan sementara Syaifullah dari jabatan sebagai Sekda Bondowoso pada Agustus lalu.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.