Gugup Hadapi Wawancara Kerja? Ikuti Tips Ini

Memberikan kesan yang baik sangat penting dalam wawancara kerja.

Gugup Hadapi Wawancara Kerja? Ikuti Tips Ini Ilustrasi--wawancara kerja. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Buat kalian yang sedang mencari kerja atau bahkan akan mengikuti wawancara kerja, jangan lupa untuk menyiapkan diri Anda sebelum wawancara dilakukan. Kalian harus mampu memberikan kesan pertama yang mengesankan dan membuat diri Anda terlihat unggul dari kandidat yang lain.

    Kesan pertama bukan hanya soal penampilan, banyak hal lainnya yang membuat kalian menarik di depan pewawancara. Lantas bagaimana cara mengesankan pewawancara? Berikut tipsnya seperti dikutip liputan6.com:

    1. Pakaian yang rapi dan pantas

    Pakaian merupakan hal yang umum untuk menarik perhatian orang. Begitu juga saat akan menghadapi wawancara, kalian harus memilih pakaian yang sesuai situasi yang kalian hadapi. Pastikan kalian tidak memakai pakaian yang terlalu mewah, atau terlalu biasa. Pilih parfum yang wanginya tidak terlalu kuat.

    Selain itu, kalian juga tetap perlu berlatih untuk berbicara dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan diberikan oleh pewawancara. Siapkan diri kalian untuk tidak tegang saat menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang dilayangkan. Kalian dapat melakukannya di depan kaca atau mengajak anggota keluarga Anda untuk membantu Anda berlatih. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri Anda. Jangan lupa juga untuk menyapa pewawancara.

    2. Mengetahui profil pewawancara secara online

    Melihat profil pewawancara sebelum akan wawancara merupakan langkah yang cerdik agar bisa mengesankan pewawancara. Hal ini juga dapat membantu Anda agar tidak merasa kesulitan untuk berbicara atau menyampaikan maksud di depan orang asing. Apalagi sekarang semuanya sudah dimudahkan dengan berbagai situs yang ada di internet.

    Kalian dapat melihatnya dari jejaring profesional seperti LinkedIn untuk memiliki gagasan tentang si pewawancara. Kalian juga dapat membicarakan minat yang sama atau mengajukan pertanyaan yang mungkin menarik baginya. Pelajari tentang organisasi, posisi, dan lain sebagainya.

    Jangan lupa untuk menghindari pembicaraan yang hanya menuju ke pada posisi yang Anda inginkan. Cobalah untuk mencari tahu tentang organisasi, budaya kerja, program CSR, dan lain-lain. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki akan semakin membuat pewawancara berkesan.

    3. Jangan canggung, perhatikan bahasa tubuh

    Selain ucapan Anda yang bisa terbaca, bahasa tubuh juga memperlihatkan sikap Anda saat diwawancara. Kepercayaan diri Anda sangat terlihat lewat bahasa tubuh yang kalian lakukan. Untuk itu, kalian bisa memulainya dengan melakukan jabat tangan secara sempurna.

    Pastikan tangan kalian tidak berkeringat saat akan berjabat tangan karena itu merupakan bencana besar. Selalu bawa sapu tangan untuk memastikan tangan Anda tetap kering dan bebas dari keringat. Tapi ingat, mengelapnya secara diam-diam ya, agar tidak terlihat sebelumnya.

    Membungkuk akan memperlihatkan kalau tidak percaya diri, jangan sampai kalian melakukannya. Kalian harus terlihat tenang, tidak gelisah, dan lantang saat menjawab pertanyaan-pertanyaannya. Mempelajari sedikit tentang bahasa tubuh akan membantu kalian mempersiapkan diri dengan lebih baik.

    4. Jujur dan tetap tersenyum

    Saat dalam situasi seperti itu, sering kali kita lupa untuk tersenyum. Wajah pun mengeluarkan ekspresi gugup dengan sendirinya. Karena itu, sangat penting untuk selalu menjawab pertanyaan dengan senyuman. Salah menjawab tidak lagi menjadi masalah karena senyuman kamu sudah membuat kamu terlihat percaya diri.

    Selain tersenyum, kejujuran juga menjadi hal penting saat wawancara. Pewawancara bisa melihat dan membaca kebohongan Anda, itu bisa meninggalkan kesan yang tidak baik pada pewawancara.

    5. Selalu ingat untuk berterima kasih kepada pewawancara

    Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pewawancara karena telah memberikan kamu kesempatan untuk bertemu dan menyediakan waktu mereka untuk Anda. Sikap rendah hati yang kalian tunjukkan dengan berterima kasih akan meninggalkan kesan baik bagi pewawancara.

    Walaupun kalian merasa gagal pada wawancara tersebut, setidaknya kalian bersyukur karena telah diberikan kesempatan untuk tampil dalam wawancara.

     

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.