HARGA BBM : Harga Turun, Konsumsi Melonjak, Pertamina Tambah Stok BBM di Jatim

HARGA BBM : Harga Turun, Konsumsi Melonjak, Pertamina Tambah Stok BBM di Jatim Area Manager Communication dan Relations Pertamina Marketing Operation Region V, Heppy Wulansari (kiri). (JIBI/Solopos/Antara/Abdul Malik Ibrahim)

    Harga BBM yang diturunkan pemerintah membuat permintaan meningkat, sejumlah SPBU di Jatim pun kehabisan stok.

    Madiunpos.com, SURABAYA — Pertamina Marketing Operation Region V (MOR V) yang melayani wilayah Jatim, Bali, NTT dan NTB menambah pasokan BBM, khususnya di wilayah Jawa Timur. Langkah itu diambil karena adanya lonjakan konsumsi pascapenurunan harga yang dilakukan pemerintah, Selasa (5/1/2016) lalu.

    Area Manager Communication dan Relations Pertamina Marketing Operation Region V, Heppy Wulansari, Rabu (6/1/2016), mengatakan tambahan pasokan untuk wilayah Jatim untuk jenis Premium sebesar 47% dari konsumsi 10.263 kl/hari. Selain itu, penambahan juga dilakukan untuk jenis solar sebesar 62% dari konsumsi 5.292 kl/hari, untuk pemulihan atau recovery stok SPBU pascalonjakan permintaan hari pertama.

    "Dengan penambahan ini, penyaluran Premium di Jawa Timur menjadi 14.612 kiloliter dan solar 8.536 kiloliter. Penambahan pasokan kami maksudkan selain untuk pemulihan stok juga antispasi peningkatan permintaan yang masih berpotensi terjadi di SPBU Jawa Timur," katanya.

    Ia mengatakan pada hari H penurunan harga, peningkatan konsumsi Premium di Jawa Timur tercatat sebesar 15% dan Solar 19% di atas konsumsi normal.

    Lonjakan Konsumsi
    Terkait adanya kekosongan BBM yang sempat terjadi di sejumlah SPBU, Heppy mengaku hal itu karena ada lonjakan konsumsi BBM, bukan karena ketiadaan stok di Pertamina.

    Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menurunkan tarif BBM mulai 5 Januari 2015, dengan perincian, untuk BBM jenis solar turun dari Rp6.700/liter menjadi ke Rp5.650/liter, sedangkan untuk Premium non-Jawa Madura Bali (Jamali) turun dari Rp7.300/liter menjadi Rp6.950/liter.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.