Hari Ini Gubernur Jatim Lantik 17 Kepala Daerah di Grahadi secara Hybrid

17 Bupati/wali kota akan dilantik secara langsung Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi. Sedangkan, untuk para pimpinan Forkopimda kabupaten/kota, akan mengikuti pelantikan secara virtual di daerah mereka masing-masing.

Hari Ini Gubernur Jatim Lantik 17 Kepala Daerah di Grahadi secara Hybrid Geladi bersih pelantikan kepala daerah hasil pilkada 2020, Rabu (24/2). (Faiq Azmi/detikcom)

    Madiunpos.com, SURABAYA - Sebanyak 17 bupati/wali kota terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 di Jawa Timur akan dilantik, Jumat (26/2/2021) ini. Pelantikan dilakukan dalam tiga sesi dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

    Pelantikan kepala daerah kali ini digelar secara hybrid. 17 Bupati/wali kota akan dilantik secara langsung Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi. Sedangkan, untuk para pimpinan Forkopimda kabupaten/kota, akan mengikuti pelantikan secara virtual di daerah mereka masing-masing.

    Pelaksanaan pelantikan ini sesuai dengan SE Kemendagri. Untuk itu, pihaknya memastikan bahwa pelantikan tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

    Kebakaran di Surabaya, Ibu dan Anak Meninggal Terjebak di Rumah

    "Kami akan memastikan bahwa pelaksanaan pelantikan kepala dan wakil kepala daerah akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat," kata Khofifah di Gedung Grahadi, Surabaya, Kamis (25/2/2021) malam.

    Selain itu, Pemprov Jatim juga menyiapkan akomodasi berupa bus bagi kepala daerah yang akan dilantik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Akomodasi ini nantinya untuk mengantar kepala daerah beserta wakilnya berangkat dari hotel menginap menuju ke Gedung Negara Grahadi Surabaya, pada saat hari pelaksanaan.

    "Ini dilakukan untuk mematuhi protokol kesehatan yang masih berlaku. Terlebih, karena pelantikan dilakukan secara hybrid, masing-masing daerah dapat melihat melalui live streaming, termasuk pihak aparatur masing-masing daerah dapat menyaksikan melalui virtual," terangnya.

    Terpapar Abu Vulkanik Gunung Raung, Puluhan Hewan Ternak di Banyuwangi Sakit

     

    Dilarang Kerahkan Massa

    Lebih lanjut disampaikan Khofifah, untuk memastikan tertibnya protokol kesehatan pihaknya juga melarang masing-masing kepala dan wakil kepala daerah untuk membawa massa. Sehingga dalam pelantikan nanti, hanya akan dihadiri oleh kepala dan wakil kepala daerah terpilih beserta dengan pendamping dan satu orang keluarga. Sedangkan untuk di luar Gedung Negara Grahadi hanya diizinkan untuk satu orang ajudan kepala daerah dan satu ajudan wakil kepala daerah.

    "Ini dilakukan untuk mematuhi protokol kesehatan yang masih berlaku. Terlebih, karena pelantikan dilakukan secara hybrid, masing-masing daerah dapat melihat melalui live streaming, termasuk pihak aparatur masing-masing daerah dapat menyaksikan melalui virtual," terangnya.

    Sementara Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan Kepala Daerah Jatim 2021, Aries Agung Paewai, mengatakan pelantikan dilakukan dalam tiga sesi. Setiap sesi diperkirakan membutuhkan waktu 90 menit hingga 2 jam.

    Murahnya Kebangetan! Warung Ini Jual Soto Ayam Seporsi Cuma Rp1.000

    "Ada tiga sesi. Pelantikan para kepala daerah dan wakilnya, juga diikuti pelantikan Ketua TP PKK & Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota masing-masing," ujar Aries.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.