HARI NATAL 2015 : Permintaan Elpiji di Ngawi Meningkat 60%

HARI NATAL 2015 : Permintaan Elpiji di Ngawi Meningkat 60% Aktivitas salah satu agen elpiji 3 kg di Kota Kediri, Rabu (25/11/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Prasetia Fauzani)

    Hari Natal 2015 mendongkrak permintaan elpiji 3 kg di Ngawi hingga 60%.

    Madiunpos.com, NGAWI — Permintaan elpiji bersubsidi kemasan tabung isi 3 km di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur meningkat signifikan menjelang Hari Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

    Kawit, seorang pemilik pangkalan elpiji di Jl. Kiai Mojo, Kelurahan Ketanggi, Kecamatan Ngawi, mengatakan permintaan elpiji meningkat hingga 60% jika dibandingkan dengan hari biasa. "Selama beberapa pekan terakhir, permintaan elpiji naik berkisar 400 tabung hingga 500 tabung. Padahal biasanya hanya berkisar 150 tabung hingga 300 tabung," ujar Kawit kepada wartawan di Ngawi, Kamis (24/12/2015).

    Menurut dia, lonjakan permintaan elpiji 3 kg sudah terjadi sejak awal Desember 2015 lalu. Meski permintaan mengingkat, harga elpiji 3kg yang dijualnya tidak dinaikkan, yakni Rp16.000/tabung di tingkat pangkalan.

    Hanya saja, tingginya permintaan konsumen akan elpiji ukuran 3 kg tersebut tidak diikuti dengan pasokan yang dikirim dari pihak agen. Pihaknya mengaku hanya mendapat pasokan 250 tabung sekali order.

    Hal itu karena ada pembatasan dari pihak Pertamina melalui distributor guna mencegah terjadinya kelangkaan di agen ataupun pangkalan darah lain. "Saya sebetulnya sudah mengajukan penambahan order namun belum disetujui oleh pohak terkait. Akibatnya, terkadang pangkalan saya mengalami kekosongan stok," kata dia.

    Peningkatan permintaan tidak hanya terjadi untuk elpiji ukuran tabung 3 kg, namun juga elpiji non-subsidi ukuran 12 kg. Rata-rata permintaan berasal dari rumah makan dan perusahaan swasta. Jika biasanya jatah 75 tabung bisa habis dalam waktu lebih dari sepekan, kini sudah habis dalam waktu beberapa hari.

    "Itu sudah terjadi sejak dua pekan lalu. Jatah semakin cepat habis dalam sepekan terakhir karena tingginya permintaan untuk sejumlah restoran. seperti rumah makan masakan Padang dan lainnya," katanya.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
    KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.