Hati-Hati, Mungkin Ini Salah Satu Penyebab Anda Terbangun Tengah Malam

Rutin terbangun di tengah malam bisa membahayakan kesehatan jika dibiarkan.

Hati-Hati, Mungkin Ini Salah Satu Penyebab Anda Terbangun Tengah Malam Sering terbangun tengah malam bisa jadi pertanda buruk bagi kesehatan (southfloridareporter.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Terbangun di malam hari mungkin pernah dirasakan beberapa orang. Hal itu sebenarnya normal terjadi. Namun bagaimana jika terbangun beberapa kali saat malam hari. Hal itu bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang mendasarinya.

    Jika Anda terus-menerus terbangun di malam hari, maka tidur tidak akan pulas dan tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Akibatnya, keesokan harinya akan merasa kantuk yang berlebih. Ada beberapa hal yang menyebabkan tidur yang terganggu di malam hari.

    Hal itu sebenarnya dapat dihilangkan dengan perubahan gaya hidup sederhana, mungkin beberapa kondisi medis bisa mendasarinya. Namun jika Anda terbangun beberapa kali di malam hari, berikut alasan yang mungkin Anda alami seperti dilansir dari detik.com, Kamis (10/9/2020).

    Dosen IPB University Buat Baju Antipeluru dari Tandan Kelapa Sawit

    1. Sleep apnea

    Beberapa orang yang menderita sleep apnea bahkan tidak menyadarinya. Gangguan pernapasan saat tidur disebut sleep apnea dan jeda ini dapat membangunkan kamu.

    Akibatnya juga bisa menyebabkan kantuk di siang hari. Jika Anda menderita gejala-gejala seperti mendengkur, terengah-engah atau sakit kepala ketika kamu bangun atau kesulitan berkonsentrasi di siang hari, segera temui dokter.

    2. Parno saat tidur

    Mimpi buruk dan parno (paranoid) malam hari adalah hal berbeda. Selama parno melanda, orang yang menderita tersebut bangun tetapi tidak menyadari apa yang terjadi. Dalam kebanyakan kasus, mereka juga tidak mengingatnya saat bangun tidur. Jika Anda pernah mengalami hal yang sama, temui spesialis dokter untuk meningkatkan kualitas tidur agar tidak merasa parno lagi.

    Napak Tilas Sejarah Madura dalam Empat Zaman

    3. Menghabiskan waktu dengan gadget

    Menghabiskan waktu terlalu banyak dengan gadget akan mempengaruhi kualitas tidur. Sinar biru yang dipancarkan dari ponsel akan menjadi penyebab gangguan pada tidur Anda. Jika ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik dan nyenyak, cobalah untuk tidak menonton televisi atau tidak menggunakan handphone sebelum tidur.

    4. Depresi dan cemas

    Depresi dan kecemasan dapat menyebabkan sulit tidur dan kelelahan. Kecemasan, depresi dan insomnia dapat berjalan beriringan. Pikiran yang gelisah dapat membuat sulit untuk tertidur atau tetap tidur untuk waktu yang lama. Tidur yang bermasalah dapat menyebabkan kecemasan dan depresi juga loh.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.