Hutan Baluran Situbondo Kebakaran, Diduga Karena Puntung Rokok yang Dibuang Sembarangan

lahan seluas 8 hektare di Hutan Baluran di Situbondo terbakar.

Hutan Baluran Situbondo Kebakaran, Diduga Karena Puntung Rokok yang Dibuang Sembarangan Petugas mencoba memadamkan api yang membakar hutan Baluran, Situbondo, dengan alat seadanya. (detik.com)

    Madiunpos.com, SITUBONDO -- Hutan Baluran di Situbondo kembali terbakar kurang dari 24 jam setelah kebakaran pertama. Kobaran api membakar lantai hutan jati seluas sekitar 8 hektar yang berlokasi di Kecamatan Banyuputih. Dugaan sementara, kebakaran hutan Baluran ini dipicu puntung rokok yang dibuang sembarangan di area hutan.

    "Di antara dugaannya memang itu [buang puntung rokok sembarangan]. Makanya, kami sudah berkoordinasi dengan pihak BKSDA [Balai Konservasi Sumber Daya Alam] agar memperketat pengawasan. Termasuk kepada orang-orang yang biasa keluar masuk hutan," kata Kapolsek Banyuputih, AKP Heru Purwanto, Kamis (6/8/2020).

    Menurut Heru, di musim kemarau seperti sekarang kawasan hutan Taman Nasional Baluran memang rawan terbakar. Di antaranya, karena semak belukar dan dedaunan yang berjatuhan ke lantai hutan kondisinya kini cukup kering. Sehingga mudah tersulut api dan memicu kebakaran.

    Tiga Kandang Ayam di Tuban Ludes Dilalap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

    Petugas mencoba memadamkan api yang membakar hutan Baluran, Situbondo, dengan alat seadanya. (detik.com)

    "Kami juga meminta agar pihak BKSDA memperbanyak imbauan di titik-titik spot strategis, agar warga ikut menjaga hutan Baluran. Termasuk dengan tidak buang puntung rokok sembarangan," papar mantan Kapolsek Banyuglugur itu, seperti diberitakan detik.com.

    Intensifkan Patroli

    Heru akan mengintensifkan patroli di kawasan hutan untuk mencegah terulangnya kebakaran. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan tindakan tegas kepada warga yang menjadi pemicu terjadinya kebakaran kawasan hutan. Sebab, papar dia, tindakan tersebut merupakan perbuatan melanggar hukum.

    "Kalau sampai ada yang tertangkap tangan jadi pemicu kebakaran, pasti akan kami tangkap. Kami akan tindak tegas sesuai hukum yang berlaku," tegasnya.

    Bantuan Tambahan Gaji Pegawai Rp600.00/Bulan Ditarget Terlaksana September

    Kebakaran hutan Baluran terjadi di dekat titik tinjau T-12 Puslatpur Marinir Baluran. Kobaran api menghanguskan semak belukar dan dedaunan kering di lantai hutan setempat. "Kebakaran itu diketahui saat tadi kami melakukan patroli. Kami langsung berkoordinasi dengan pihak BKSDA dan Koramil untuk melakukan pemadaman," kata Heru.

    Kebakaran hutan ini terjadi sekitar pukul 10.30 WIB tadi di kawasan hutan tepi jalan raya pantura KM 235 arah Surabaya, tepatnya di Grid 25 dekat Pos tinjau T12 Puslatpur Marinir Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih.

    Mengetahui ada kebakaran, petugas gabungan mulai dari Polsek, Koramil Banyuputih, TN Baluran, dan Masyarakat Peduli Api Baluran langsung berdatangan ke lokasi. Dengan peralatan manual, petugas berusaha melakukan pemadaman. Setelah hampir satu jam, mereka akhirnya berhasil memadamkan api.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.