Bantuan Tambahan Gaji Pegawai Rp600.000/Bulan Ditarget Terlaksana September

Erick Thohir ingin agar stimulus berupa bantuan gaji pegawai bisa mulai berjalan pada September 2020.

Bantuan Tambahan Gaji Pegawai Rp600.000/Bulan Ditarget Terlaksana September Menteri BUMN, Erick Thohir (kanan) bersama Najwa Shihab dan Mendikbud, Nadiem Makarim. (Instagram/@erickthohir)

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Sejumlah stimulus telah dikucurkan pemerintah untuk menekan dampak pandemi Covid-19 sejak lebih dari tiga bulan lalu. Terbaru, pemerintah menyiapkan bantuan tambahan gaji pegawai berupa uang tunai Rp600.000.

    Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir, telah mengonfirmasi pernyataan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati soal stimulus lanjutan itu. “Pemerintah telah memiliki program bantuan untuk rakyat miskin dan pekerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja melalui Program Kartu Prakerja. Tujuan pemerintah menggelontorkan bantuan gaji tambahan ini adalah untuk mendorong konsumsi masyarakat. Hal ini penting untuk menggerakkan perekonomian dan mendorong pemulihan ekonomi,” tuturnya, Kamis (6/8/2020).

    Erick menjelaskan program stimulus ini sedang difinalisasi agar bisa dijalankan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) pada September 2020 ini. Fokus bantuan pemerintah kali ini adalah 13,8 juta pekerja non-Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan BUMN yang aktif terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran di bawah Rp150.000 per bulan atau setara dengan gaji di bawah Rp5 juta per bulan.

    Jokowi Godok Wacana Beri Bantuan Tunai untuk Pegawai Rp600.000/Bulan

    “Bantuan sebesar Rp600.000 per bulan selama empat bulan akan langsung diberikan per dua bulan ke rekening masing-masing pekerja sehingga tidak akan terjadi penyalahgunaan,” tuturnya.

    Fokus Dua Hal

    Erick menuturkan terdapat dua hal yang menjadi fokus dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi dengan memberikan stimulus ekonomi yang manfaatnya nyata dirasakan masyarakat. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini mengatakan selanjutnya juga dilakukan percepatan penyerapan tenaga kerja melalui proyek-proyek padat karya.

    “Program pemulihan ekonomi yang dilaksanakan oleh pemerintah cukup banyak namun saling berkesinambungan. Seperti bantuan sosial tunai, bantuan pangan non tunai, program keluarga harapan hingga penyaluran kredit di sektor UMKM. Dibutuhkan waktu, data yang akurat serta koordinasi dengan banyak pihak untuk melakukan realisasi bantuan tersebut secara tepat,” kata Erick.

    Joss! 40 Warga Sampang Madura Tolak Bantuan Pemerintah

     

    Artikel berita ini telah tayang di iNews.id dengan judul "Erick Thohir: Stimulus Gaji Tambahan ke Pegawai Masuk Tahap Finalisasi".



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.