Ini Dia Kapal Raksasa Pengangkut Kapal Pesiar

Perusahaan asal Belanda, Bokalis, menyediakan armada untuk mengangkut kapal-kapal besar.

Ini Dia Kapal Raksasa Pengangkut Kapal Pesiar Kapal angkut BOKA Vanguard (Foto: Dok. Boskalis)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Pernah melihat mobil crane yang begitu besar diangkut menggunakan truk trailer? Sebagian dari kita mungkin pernah. Tapi pernahkah Anda melihat kapal pesiar yang begitu besar diangkut oleh kapal raksasa lainnya? Terlintas dalam pikiran saja mungkin tidak.

    Tapi ini benar-benar ada di kehidupan nyata.  Kapal pesiar tak luput dari kerusakan dan kadang memerlukan tumpangan atau ojek. Nah, yang bisa mengangkut armada super besar itu hanya BOKA Vanguard dan adik-adiknya sebagai ojek terbesar dunia.

    BOKA Vanguard merupakan kapal angkutan berat. Mengutip dari detik.com, kapal itu dioperasikan oleh perusahaan asal Belanda, Boskalis.

    Boskalis mengoperasikan armada kapal angkut berat semi-submersible khusus terbesar (SSHTV) di dunia. Apa yang biasa diangkut oleh kapal semitenggelam ini?

    Menguntungkan! Petani Hidroponik di Madiun Hasilkan Jutaan Rupiah Sekali Panen

    "HTV adalah kapal khusus yang digunakan dalam sejumlah pekerjaan di lepas pantai tertentu, seperti pengangkutan rig pengeboran lepas pantai, anjungan produksi minyak, produksi terapung, unit penyimpanan dan pembongkaran (FPSO) dan kargo luar biasa berat lainnya," kata Boskalis.

    Kapal-kapal pengangkutnya, termasuk BOKA Vanguard, sudah dirancang dengan stabilitas yang baik sesuai dengan karakteristik laut. Ukurannya juga menjadikan kapal pengangkut, termasuk BOKA Vanguart, berukuran amat besar, sebagai ojek terbesar di dunia.

    Kapal angkut BOKA VanguardKapal angkut BOKA Vanguard (Foto: Dok. Boskalis)

    "Kami bekerja sama dengan klien kami untuk menyediakan tumpangan kapal yang tepat pada waktu yang tepat di lokasi yang diinginkan," dia menambahkan.

    BOKA Vanguard adalah kapal angkut semi-submersible terbaru Boskalis yang sangat canggih. Karena, kapal ini didesain tanpa busur, adanya bagian belakang dan depan, artinya dapat mengakomodasi dari haluan dan buritan.

    Menurut berbagai sumber, BOKA Vanguard sebelumnya bernama Dockwise Vanguard. Kapal ini memiliki dek rata berukuran 70 x 275 meter, kargo lebih panjang dan lebih lebar dari geladak bisa diangkutnya.

    Jelang Iduladha, Masyarakat Desa Ngancar di Ngawi Gelar Nyadran

    Ojek Terbesar di Dunia

    Kapal angkut ini berjenis semi-submersible, artinya BOKA Vanguard mampu mengangkut kapal atau kargo lain di atas air, karena sebagian badannya tenggelam. Geladaknya bisa tenggelam hingga 16 meter dan bisa mengangkut kargo seberat 110.000 ton.

    Kapal angkut BOKA Vanguard memiliki kapasitas bobot mati seberat 117.000 ton, makanya menjadikan kapal angkut itu sebagai ojek terbesar di dunia. Boskalis sendiri mempunyai 11 kapal angkut yang beroperasi di laut hingga kini.

    "Bobot Boskalis adalah pemimpin transportasi laut berat global. Tujuh armadanya memiliki bobot lebih dari 50.000 ton," kata perusahaan.

    Apa Benar Kulit Ayam yang Gurih Itu Berbahaya Bagi Kesehatan?

    Di bawah ini daftar kapal angkut super berat dari Boskalis:

    1. Boka Vanguard 117.000 ton
    2. Blue Marlin 76.061 ton
    3. White Marlin 72.000 ton
    4. Black Marlin 57.021 ton
    5. Trustee 54.013 ton
    6. Target 53.868 ton
    7. Triumph 53.818 ton
    8. Forte 48.000
    9. Mighty Servant 1 45.407 ton
    10. Transshelf 34.030 ton
    11. Mighty Servant 3 27.720 ton.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.