Ini Jawaban Mengapa Mata Otomatis Tertutup saat Bersin

Bersin adalah cara alami tubuh yang digunakan untuk membersihkan hidung. Ada beberapa fakta unik tentang bersin yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Ini Jawaban Mengapa Mata Otomatis Tertutup saat Bersin Ilustrasi bersin (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Semua orang pasti pernah merasakan bersin. Hidung yang terasa gatal atau ketika sedang flu biasanya akan lega setelah bersin.

    Bersin merupakan refleks alami yang terjadi ketika Anda merasakan sensasi gatal pada hidung. Bersin adalah hal wajar karena itu merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam hidung. Tubuh melakukan apa yang perlu dilakukan untuk membersihkan hidung yakni menyebabkan bersin.

    Inilah beberapa fakta unik tentang bersin yang mungkin belum Anda ketahui, dilansir dari hellosehat.com, Sabtu (7/11/2020).

    Rekam Wanita Hamil Ditandu di Jalanan Rusak, Pria Ini Malah Dibawa ke Kantor Polisi

    1. Bersin adalah refleks

    Hidung gatal, alergi, atau bau makanan yang menyengat adalah beberapa hal yang menyebabkan Anda bersin. Namun pada dasarnya, bersin dipicu oleh hal yang sama, yakni refleks tubuh.

    Ketika debu, serbuk sari, atau bulu binatang masuk ke dalam hidung, maka otak menerima sinyal untuk menyingkirkan “benda asing” ini. Kemudian tubuh akan bereaksi dengan menarik napas panjang dan menahannya sehingga menyebabkan otot-otot di dada mengencang.

    1. Jantung tidak berhenti berdetak saat sedang bersin

    Mungkin Anda pernah mendengar segelintir orang yang bilang jika saat bersin, maka jantung akan berhenti berdetak. Padahal sebenarnya, ritme serta denyut jantung hanya melambat secara alami akibat bersin.

    Hal ini terjadi karena tarikan nafas dalam yang dilakukan sebelum bersin, membuat tekanan saraf dan otot di dada berubah. Iu sebabnya aliran darah akan ikut berubah yang kemudian mempengaruhi ritme dan denyut jantung.

    Fakta Thai Tea, Minuman Menyegarkan dari Thailand

    1. Mata secara otomatis tertutup saat bersin

    Nampaknya hampir setiap orang pasti menutup matanya saat bersin. Bahkan ada yang mengatakan kalau mata terbuka saat bersin, maka mata bisa saja keluar. Hal ini tentu saja tidak benar.

    Sudah secara alamiah mata akan menutup tanpa disengaja ketika bersin, dan sulit bila ingin dipaksakan terbuka. Mengapa? Karena ketika otak menerima  sinyal untuk bersin, maka mata juga akan menangkap sinyal untuk segera menutup.

    1. Bersin tidak akan terjadi saat tidur

    Bersin memang tidak pernah terjadi saat tidur. Pasalnya, ketika seseorang tertidur maka seluruh saraf dalam tubuh akan ikut beristirahat. Itu artinya, saraf yang memicu timbulnya bersin pun tidak akan bekerja selama Anda tertidur.

    Heboh Boikot Produk Prancis, Hotman Paris Ngotot Enggak Akan Ganti Nama

    1. Alasan sering bersin beberapa kali

    Salah satu fakta bersin yang mungkin sering Anda temui yakni bersin bisa terjadi lebih dari sekali dalam satu waktu, bahkan hingga tiga atau empat kali. Hal ini sebenarnya berkaitan dengan apa yang menjadi pemicu munculnya bersin.

    Bersin adalah respon tubuh yang bertujuan mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam hidung, maka mungkin diperlukan beberapa kali supaya rongga hidung bisa bersih dari benda asing yang menempel.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.