Ini Lho Resep Rahasia Bumbu Sate Lezat Andalan Para Chef Indonesia!

Mengolah bumbu kacang menjadi salah satu kunci untuk membuat sate yang lezat.

Ini Lho Resep Rahasia Bumbu Sate Lezat Andalan Para Chef Indonesia! Resep bumbu sate lezat ala chef. (okezone.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Sate menjadi salah satu olahan daging favorit masyarakat Indonesia. Di Hari Raya Iduladha, sate kerap dijadikan referensi menu andalan untuk santapan keluarga.

    Rasa enak sate yang dibalur dengan bumbu kacang ini tidak hanya bergantung pada pengempukan dagingnya namun juga pada pengolahan bumbu. Beberapa chef di Indonesia ini pun memberikan tips-tips untuk membuat bumbu sate yang lezat, seperti yang dilansir dari okezone.com, Rabu (29/7/2020).

    Chef Agus Sasirangan menjelaskan salah satu rahasia membuat bumbu sate yang lezat yakni pada pengolahan kacang. Saat menggoreng kacang tidak boleh gosong. Jika kacang digoreng hingga gosong maka akan memengaruhi rasa bumbu. “Kalau proses penggorengannya saja sudah salah, hasilnya akan memengaruhi rasa. Biasanya jadi ada rasa pahit,” ucap Chef Agus.

    Ini Dia Resep Sup Krim Jamur yang Maknyus

    Menurut Agus, pembakaran daging tidak sempurna bukan menjadi masalah. Asalkan, peracikan bumbu tepat. Kacang yang sudah digoreng dapat dihaluskan lalu ditambahkan bahan-bahan pelengkap seperti gula merah, kecap manis, dapat pula ditambahkan cabai sesuai selera.

    Chef Indonesia lainnya, Sisca Soewitomo, pun turut memberikan tipsnya. Ia memiliki tips spesial untuk membuat bumbu kacang yang lezat. Menurut Sisca, agar tekstur bumbu bisa kental maka bumbu kacang yang telah dihaluskan harus segera direbus.

    “Jangan sekadar dicampur air, harus direbus lagi supaya bumbunya menyatu,” ujar Sisca.

    Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Ala Rumahan Yang Pedas Nikmat

    Bagi masyarakat yang ingin lebih praktis pun dapat menggunakan selai kacang kemasan. Selai ini dapat dengan mudah ditemukan di supermarket maupun toko-toko. Untuk dijadikan bumbu sate, selai kacang kemasan dapat direbus untuk mendapatkan tekstur yang lebih kental serta dapat ditambahkan bumbu-bumbu lainnya.

    “Pakai saja selai kacang, lalu rebus sebentar sampai dia kental. Ingat pilihlah selai yang masih ada bulir-bulir kacangnya, jadi sensasi kacang itu masih terasa. Bisa juga ditambahkan kecap manis, irisan bawang merah, dan cabai rawit untuk memperkaya cita rasanya,” jelas Chef Sisca.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.