Jangan Anggap Remeh, Keringat Dingin Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

Saat seseorang mengalami keringat dingin, gejala yang dirasakan antara lain kulit pucat, tubuh menggigil hingga muntah. Ada beberapa penyakit yang menyebabkan seseorang berkeringat dingin.

Jangan Anggap Remeh, Keringat Dingin Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini Ilustrasi mengalami keringat dingin. (halodoc)

    Madiunpos.com, MADIUN – Berkeringat terjadi jika seseorang banyak mengalami aktivitas. Berkeringat saat panas, gerah atau lelah tentu sudah biasa. Tandanya, tubuh dalam keadaan normal dan sehat.

    Namun, beda halnya jika yang muncul adalah keringat dingin, karena bisa mengindikasi adanya masalah dalam tubuh. Tak sedikit yang mengatakan, keringat dingin adalah tanda orang sakit.

    Keringat dingin atau diaphoresis sering dialami banyak orang. Berbeda dari berkeringat biasa, ketika seseorang mengalami keringat dingin, kulitnya akan terasa dingin. Gejala yang umumnya dirasakan antara lain kulit menjadi pucat, tubuh menggigil dan terasa sakit, pusing, lemah, hingga muntah.

    Kondisi keringat dingin bisa menjadi tanda adanya penyakit. Dilansir dari halodoc.com, Senin (25/1/2021), berikut ini beberapa penyakit yang menyebabkan seseorang mengalami keringat dingin.

    Balap Liar di Kediri Dibubarkan, 134 Motor Dibawa ke Kantor Polisi

    1. Shock

    Gangguan ini terjadi ketika tubuh harus bereaksi terhadap suatu kondisi yang ekstrim atau terjadinya cedera parah. Ketika tubuh Anda mengalami syok, organ-organ tidak menerima oksigen atau darah pada normalnya. Syok yang terjadi menimbulkan gejala keringat dingin. Gangguan ini dapat berdampak fatal apabila tidak segera diobati.

    1. Infeksi dan Sepsis

    Salah satu gangguan yang menyebabkan seseorang mengalami keringat dingin adalah infeksi. Hal ini disebabkan oleh bakteri atau virus yang menyerang jaringan tubuh. Pada kebanyakan kasus, infeksi menyebabkan jaringan tubuh Anda meradang ketika sistem kekebalan sedang melawan infeksi.

    Anda juga dapat mengalami keringat dingin ketika terserang sepsi. Hal ini terjadi ketika sistem kekebalan merespon infeksi pada perut, paru-paru, sistem kemih, atau jaringan tubuh penting lainnya.

    Kecewa Harga Telur Terus Turun, Peternak di Magetan Buang Telur

    1. Mual atau vertigo

    Seseorang yang mengalami keringat dingin saat mual dan umumnya akan berujung pada muntah. Walau begitu, hal ini tidak selalu pasti. Selain itu, pengidap vertigo juga dapat menyebabkan gangguan ini. Gangguan yang menyebabkan pusing ini dapat menyebabkan keluarnya keringat dingin ketika terjadi.

    1. Hipotensi

    Gangguan ini terjadi ketika tekanan darah turun secara drastis. Penurunan tekanan darah ini adalah hal yang normal terjadi ketika Anda tidur atau melakukan sedikit aktivitas. Walau begitu, hipotensi dapat berkembang menjadi gangguan serius, sehingga otak atau organ penting lainnya tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

    1. Hipoglikemia

    Hipoglikemia terjadi ketika gula darah pada tubuh Anda turun di bawah normal. Hal ini dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan gula darah, yang berakibat juga pasokan oksigen yang masuk menurun. Jika ini terjadi, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar glukosa tinggi.

    Bukan Mars, Planet Ini Disarankan Ilmuwan Sebagai Tempat Tinggal Manusia



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.