Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Jika Tak Ingin Terkena Penyakit Ini

kebiasaan langsung tidur setelah makan bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan.

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Jika Tak Ingin Terkena Penyakit Ini Ilustrasi. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Rasa kantuk setelah makan memang kerap melanda sebagian orang. Hampir beberapa orang memilih untuk langsung tidur beberapa saat setelah makan. Namun, kebiasaan buruk ini tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan tidur setelah makan dapat memicu sederet penyakit yang mengganggu bahkan membahayakan kesehatan.

    Usahakan jarak antara tidur dengan makan sekitar 1-2 jam setelah makan, baru boleh tidur. Jika di malam hari Anda terbangun dari tidur karena lapar, Anda dapat mengonsumsi sereal gandum atau kue kering untuk mengatasinya.

    Seperti melansir dari liputan6.com (19/8/20) dampak yang ditimbulkan tidur setelah makan antara lain.

    Bikin berat badan naik

    Tidur setelah makan dapat memicu kenaikan berat badan, terlebih saat malam hari. Ketika malam hari, seseorang lebih menyukai konsumsi makanan tinggi kalori dan tidak dipergunakan sebagai sumber energi. Jumlah kalori berlebih dapat menjadi lemak yang menyebabkan bertambahnya berat badan. Jadi, buka waktu makan yang dapat memengaruhi berat badan melainkan apa yang dikonsumsi sebelum tidur.

    Dibuat dari Emas 23 Karat, Ini Uang Edisi Khusus Paling Fenomenal

    Gangguan tidur

    Kebiasaan tidur setelah makan juga dapat memengaruhi kualitas tidur di malam hari. Konsumsi makanan berat atau tinggi lemak dapat membuat kembung dan nyeri perut sehingga terasa gelisah dan sulit tidur.

    GERD

    Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) disebabkan oleh katup antara perut dan kerongkongan yang tidak menutup. Kondisi ini memungkinkan asam lambung kembali ke tenggorokan sehingga menyebabkan sensasi terbakar. Hindari kebiasaan tidur setelah makan jika tak ingin keadaan tubuh memburuk. Jika tidak segera diobati, maka asam lambung yang masuk ke kerongkongan dapat merusak selaput lendir.

    Kehabisan Kardus, Restoran Pizza Ini Pakai Kotak dari Daun Pandan

    Memicu penyakit diabetes mellitus

    Hal ini dikarenakan makan langsung tidur dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh, khususnya perut. Lemak pada perut ini berbahaya dan berhubungan dengan resistensi insulin yang mengganggu metabolism gula. Hal ini mengakibatkan diabetes mellitus atau penyakit gula darah.

    Nyeri Ulu hati

    Tidur setelah makan dapat menyebabkan nyeri ulu hati, terutama pada penderita penyakit asam lambung atau GERD. Otot yang membatasi lambung dengan tenggorokan berfungsi untuk membuka hanya pada saat menelan dan kemudian menutup kembali. Pada orang dengan riwayat penyakit asam lambung, bagian otot ini cenderung tidak berfungsi dengan baik, sehingga asam lambung mudah naik kembali.

    Mengenal Pulau Buru, Pulau Cantik Dengan Sejarah Kelam



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.