Jangan Malas Potong Kuku, Ini Manfaatnya

Memotong kuku menjadi kegiatan yang harus dilakukan saat kuku sudah panjang. Ada beberapa manfaat untuk kesehatan dari melakukan kegiatan sederhana ini.

Jangan Malas Potong Kuku, Ini Manfaatnya Ilustrasi memotong kuku. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Apakah Anda termasuk orang yang rajin memotong kuku? Memotong kuku menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan.

    Kuku merupakan bagian tubuh yang selalu tumbuh seperti rambut. Fungsi utama kuku sendiri adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh.

    Potong kuku menjadi kebiasaan yang harus dilakukan semua orang, terutama ketika kuku yang dimiliki terlalu panjang. Tak hanya untuk menjaga kebersihan, ada beberapa manfaat dari memotong kuku seperti dilansir dari doktersehat.com, Jumat (15/1/2021) berikut.

    Prostitusi Online Janda Diungkap di Banyuwangi, Muncikari: Bantu Cari Uang dan Atasi Kesepian

    1. Mencegah terjadinya infeksi

    Memiliki kuku panjang berisiko membuat kotoran menumpuk di dalamnya, terutama Anda sering melakukan aktivitas di tanah. Selain itu, ketika Anda mengenakan sepatu, kaki Anda mengeluarkan keringat. Ketika Anda tidak memotong kuku, bakteri, dan kuman dapat mulai tumbuh di kuku kaki dan bisa menyebabkan infeksi bakteri.

    1. Mencegah infeksi jamur

    Kondisi ini umum terjadi pada kaki atlet dan biasanya terjadi antara jari kaki. Salah satu faktor risiko yang berkontribusi terhadap kondisi ini adalah kuku yang panjang. Jamur suka bersembunyi di bagian tubuh yang kotor. Kotoran yang terakumulasi di kuku sama halnya dengan bakteri dan kuman adalah sebuah kondisi yang mendukung perkembangan jamur.

    1. Mencegah keracunan

    Manfaat memotong kuku yang satu ini adalah yang terpenting karena dapat mencegah keracunan, terutama bagi Anda yang gemar menggunakan tangan untuk makan. Kuku panjang memungkinkan bakteri dari organisme menular lainnya masuk ke dalam tubuh.

    Banjir Tak Kunjung Surut, DPRD Lamongan Panggil Lima Camat

    1. Mengurangi cedera

    Memiliki kuku panjang bisa menyebabkan cedera serius seperti ketika secara tidak sengaja mengenai mata Anda atau mata orang lain.

    1. Mencegah pertumbuhan kuku ke dalam

    Apabila Anda tidak rutin potong kuku secara teratur, kuku dapat tumbuh ke dalam dan biasanya terjadi pada jari kaki. Kondisi ini bisa terjadi apabila tepi kuku tumbuh ke kulit sebelahnya. Jika Anda mengalami hal ini, penanganan medis harus segera dilakukan.

    1. Mencegah penebalan kulit di sekitar jari

    Infeksi pada kuku sering ditandai dengan pembengkakan kulit dan rasa sakit di daerah sekitarnya, hingga munculnya penebalan kuku. Pada beberapa kasus, infeksi yang disebabkan karena jarang potong kuku ini mungkin serius dan perlu dirawat oleh dokter.

    Covid-19 Gejala Ringan, Begini Tips Tetap Aman Isolasi Mandiri di Rumah



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.