#Kamis Misteri: Mengupas Kisah Angker Kampung Peneleh Surabaya

Kampung Peneleh menjadi salah satu kampung unik di Surabaya yang juga dikenal memiliki kisah mistis.

#Kamis Misteri: Mengupas Kisah Angker Kampung Peneleh Surabaya Ilustrasi penampakan di Makam Peneleh yang digambar Roy Kiyoshi (Tangkapan Layar Youtube @Roy Kiyoshi)

    Madiunpos.com, SURABAYA – Di Kota Pahlawan, Surabaya, terdapat salah satu kampung yang bersejarah dan memiliki keunikan yakni Kampung Peneleh. Kampung ini berlokasi di Jl. Peneleh, Kota Surabaya. Kampung Peneleh pun dikenal menjadi kampung kuno yang merekam jejak sejarah dari ratusan tahun.

    Seperti dilansir dari Antara, jejak sejarah yang direkam mulai dari zaman sebelum agama Islam masuk, masa kolonial hingga masa pergerakan kemerdekaan. Hal ini terbukti dari berbagai peninggalan sejarah yang ditemukan seperti makam, masjid, dan bangunan-bangunan kuno.

    Uniknya, banyak makam di Kampung Peneleh yang terletak di antara rumah para warga seperti di Jl. Peneleh, Gang I, RT 001/004. Dilansir dari kanal Youtube @Yudist Ardana, Rabu (18/10/2017), di area depan gang sudah terdapat makam kuno yang diperkirakan ada sejak zaman Belanda. Para warga pun belum mengetahui tokoh yang dimakamkan di area tersebut.

    #Kamis Misteri: Makhluk-Makhluk Supranatural di Universitas Brawijaya Malang

    Selain makam tersebut masih banyak makam lainnya yang terletak berdekatan dengan rumah warga. Makam-makam tersebut pun dominan dibangun dengan arah menyilang. Warga menduga ada maksud tertentu tentang makam yang dibangun menyilang tersebut.

    Makam Keramat

    Makam Keramat Nyai Rokaya Cempo yang terletak di tengah pemukiman warga (Tangkapan Layar Youtube @Yudist Ardhana)

    Di area tengah permukiman, terdapat satu makam yang dikeramatkan. Bahkan banyak peziarah yang sembayang di makam tersebut pada setiap malam Jumat legi. Makam tersebut merupakan Makam Nyai Rokaya Cempo. Menurut cerita, sosok Nyai Rokaya Cempo ini masih memiliki hubungan kerabat dengan Sunan Ampel.

    Rumah Angker

    Salah satu bagian rumah angker yang tampak tidak terawat (Tangkapan Layar Youtube @Yudist Ardhana)

    Di gang ini terdapat satu rumah kosong yang dikenal angker oleh para warga sekitar dan masyarakat luar. Warga pun kerap melihat penampakan di rumah kosong tersebut. Sosok yang kerap dilihat oleh warga merupakan penampakan dengan pakaian serbahitam seperti ninja dan membawa seorang anak.

    #Kamis Misteri: 9 Tempat Wisata Berbau Mistis di Banyuwangi

    “Saya sudah pernah lihat sendiri di atas. Dia sering lewat bawa anaknya. Kurang tahu perempuan atau laki-laki. Dia berpakaian seperti ninja dan serbahitam tapi dia tidak pernah mengganggu warga,” tutur Sumantri, salah satu warga yang tinggal bersebelahan dengan rumah tersebut.

    Rumah angker tersebut pun tampak tak terawat. Banyak puing-puing yang menutupi lantai rumah. Warga pun banyak yang tidak berani memasuki rumah angker itu.

    Makam Belanda

    Makam Belanda di Kampung Peneleh (Tangkapan Layar Youtube @Roy Kiyoshi)

    Lokasi angker lainnya di Kampung Peneleh yaitu Makam Belanda. Makam ini berlokasi di Gang V, Kampung Peneleh. Seorang indigo dan Youtuber, Roy Kiyoshi, pun pernah melakukan perjalanan mistis di makam ini. Cerita perjalanannya diunggah di kanal Youtube pribadinya, @Roy Kiiyoshi, Minggu (26/5/2019).

    #Kamis Misteri : 6 Bau Ini Jadi Tanda Keberadaan Makhluk Halus di Sekitarmu

    Di awal video, Roy Kiyoshi menjelaskan bahwa area makam tersebut sangatlah luas. Pengunjung bahkan bisa tersesat jika tidak mengetahui arah. Sebabnya, bentuk area pemakaman yang serupa dengan labirin.

    Dalam perjalanannya di area Makam Belanda, Roy merasakan arwah-arwah tersebut masih ada di area makam. Arwah-arwah tersebut menjadi penunggu di Makam Belanda. Roy juga melihat penampakan sesosok wanita dengan rambut yang tidak rapi. Sosok tersebut digambarkan oleh Roy di sebuah kertas dalam unggahan videonya itu.

    Selain itu, Roy pun merasakan energi gaib yang sangatlah besar di area makam tersebut. Energi yang sangat besar itu bahkan membuat Roy harus segera mengakhiri perjalanannya di Makam Belanda.

    #Kamis Misteri: Pantai Cantik di Jawa Timur yang Menyimpan Kisah Mistis



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.