Kampung Lali Gadget Sidoarjo, Tempat Anak-Anak Bergembira Tanpa Gawai  (Bagian-2)

Achmad Irfandi, pemuda asal Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, menginisiasi pendirian Kampung Lali Gadget untuk mengurangi dampak kecanduan internet bagi anak-anak.

Kampung Lali Gadget Sidoarjo, Tempat Anak-Anak Bergembira Tanpa Gawai  (Bagian-2) Keceriaan anak-anak saat bermain lumpur di area persawahan komplek Kampung Lali Gadget di Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, Minggu (26/12/2021). (Abdul Jalil/Solopos.com)

    Madiunpos.com, SIDOARJO -- Berdirinya Kampung Lali Gadget (KLG) ini berawal dari berbagai kegiatan literasi, mendongeng, mewarnai, dan bermain permainan tradisional. Kala itu, Irfandi beserta pemuda desa setempat mengundang anak-anak dari sekolah untuk datang ke tempatnya untuk bermain bersama.

    Dia tidak menyangka inisiasinya membuat wahana edukasi bagi anak itu mendapat sambutan positif dari masyarakat. Pada pertemuan awal hanya ada 60 anak, kemudian pada kegiatan kedua datang sebanyak 100 anak, dan kegiatan ketiga yang hadir bertambah menjadi 475 anak.

    “Sejak itu, nama Kampung Lali Gadget meledak. Kegiatan bermain bersama pun dilakukan hingga kini. Ini karena anak-anak beserta orang tuanya menyukai kegiatan di sini,” ujarnya.

    Keren! Ibu-Ibu di Madiun Latih Siswa SLB Bikin Tas Anyaman Plastik

    Niatnya untuk membantu anak-anak dalam mengendalikan kecanduan gadget ternyata tidak seluruhnya dinilai positif oleh sebagian warga. Ada warga yang tidak suka dengan berbagai kegiatan di KLG. Meski demikian, Irfandi menganggap hal itu sebagai tantangan dan berbenah untuk terus membuat kegiatan di tempatnya supaya lebih bermanfaat.

    Seiring berjalannnya waktu, Kampung Lali Gadget pun semakin eksis dan semakin banyak kegiatan yang digelar. Anggapan-anggapan miring terkait KLG pun akhirnya sirna dan berubah menjadi dukungan positif.

    Keceriaan anak-anak saat bermain permainan tradisional di Kampung Lali Gadget di Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, Minggu (26/12/2021). (Abdul Jalil/Solopos.com)

    Hingga akhirnya pada Mei 2020, Irfandi bersama teman-temannya menjadikan Kampung Lali Gadget sebagai yayasan secara resmi. Kegiatan edukasi permainan trdisional pun semakin sering digelar.

    Pria Ini Tipu Penjual Motor Sport di Situs Jual Beli Online, Begini Modusnya

    Saat ini, bukan hanya anak-anak di wilayah Sidoarjo saja yang mendatangi KLG untuk bermain. Melainkan juga berasal dari kota/kabupaten tetangga. Seperti kegiatan Elingpiade pada Minggu (26/12/2021), anak-anak dari berbagai daerah, seperti dari Malang, Mojokerto, Bojonegoro, dan lainnya datang ke KLG untuk bermain bersama. (bersambung)



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.