Kebiasaan Menggunakan Earphone saat Tidur Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Menggunakan earphone saat tidur berbahaya bagi kesehatan. Ada beberapa dampak yang ditimbulkan saat menggunakan earphone saat tidur.

Kebiasaan Menggunakan Earphone saat Tidur Berdampak Buruk bagi Kesehatan Ilustrasi menggunakan earphone saat tidur. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Mendengarkan musik memang selalu menyenangkan. Selain itu mendengarkan musik juga mampu menenangkan pikiran.

    Earphone menjadi salah satu media untuk mendengarkan musik. Pengalaman mendengarkan musik akan lebih baik saat menggunakan earphone. Beberapa orang biasa mendengarkan musik dengan earphone saat mengerjakan tugas, saat perjalanan ke kantor, saat istirahat, bahkan saat tidur.

    Tetapi tahukah Anda, menggunakan earphone saat tidur memiliki dampak yang berbahaya bagi pendengaran. Saat tidur seharusnya tubuh lebih tenang dan sirkulasi tubuh menjadi lancar. Namun, dengan menggunakan earphone sirkulasi tubuh menjadi lambat.

    Dilansir dari liputan6.com, Rabu (6/01/2021), berikut bahayanya menggunakan earphone saat tidur.

    Mandi di Sungai Tak Bisa Berenang, Remaja di Jombang Hilang

    1. Menurunkan fungsi pendengaran

    Saat Anda mendengarkan musik dengan earphone dan tertidur, suara yang didengar dalam volume tinggi dan waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pendengaran.

    Sistem pendengaran yang terganggu adalah penjalaran pendengaran pada koklea telinga, yaitu merusak sel rambut pada koklea. Terlebih saat menggunakan earphone saat tidur, Anda akan cenderung tidak menyadari lama penggunaannya.

    1. Infeksi telinga

    Penggunaan earphone yang tidak tepat dan berlangsung lama dapat menyebabkan telinga berdenging dan rasa tidak nyaman pada telinga.

    Infeksi telinga dapat terjadi karena adanya gesekan dari earphone dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, penggunaan earphone yang dilakukan dengan saling berbagi juga dapat menyebabkan penyebaran bakteri dari satu telinga ke telinga lain yang dapat memperparah infeksi telinga.

    Langgar Prokes, Anak Punk di Ponorogo Dihukum Push Up dan Hormat Bendera

    1. Aliran udara tersumbat

    Salah satu keunggulan produk earphone adalah menjaga kejernihan suara sehingga membuat aliran udara dari luar tidak ada yang masuk ke dalamnya.

    Kondisi ini ternyata dapat membiarkan kotoran telinga menumpuk dan mengeras di dalam. Hal ini dapat menjadi sarang yang ideal bagi pertumbuhan bakteri penyebab infeksi telinga.

    1. Kerusakan permanen pada telinga

    Hal ini bisa terjadi apabila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari earphone yang langsung terhubung dengan lubang telinga. Biasanya, kondisi ini terjadi pada mereka yang berusia muda atau remaja.

    Covid-19 Gejala Ringan, Begini Tips Tetap Aman Isolasi Mandiri di Rumah

    1. Kerusakan otak

    Penggunaan earphone saat tidur tidak membuat otak benar-benar dalam keadaan istirahat. Suara yang masuk masih membuat otak mengolahnya sehingga mengurangi istirahat otak.

    Penggunaan earphone pada telinga saat mendengarkan musik memberikan dampak berupa hantaran elektromagnetik dan gelombang elektromagnetik ini lama-lama dapat merusak sel-sel pada otak.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.