KEGIATAN PESANTREN PONOROGO : Inilah Jadwal Kegiatan Peringatan 90 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor

KEGIATAN PESANTREN PONOROGO : Inilah Jadwal Kegiatan Peringatan 90 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor Santri berjalan menuju asrama di kompleks Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat, Mlarak, Ponorogo, Rabu (18/5/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Kegiatan pesantren Ponorogo, peringatan 90 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor akan dilaksanakan berbagai kegiatan.

    Madiunpos.com, PONOROGO —Peringatan 90 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor telah dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Sabtu (20/8/2016). Direncanakan, panitia peringatan 90 tahun Pondok Gontor akan mendatangkan Dr. Zakir Naik dalam acara Communication Festival.

    Dalam siaran pers yang diterima Madiunpos.com, ada segudang kegiatan yang telah disiapkan panitia untuk memperingati 90 tahun Pondok Gontor. Kegiatan yang dilaksanakan sebulan penuh akan dimulai pada Agustus hingga September 2016.

    Acara peringatan 90 tahun Pondok Gontor akan berlangsung di tiga tempat, yaitu Kampus Pusat Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) di Gontor, Ponorogo. Kampus Pusat Universitas Darussalam (Unida) Gontor di Siman, Ponorogo. Dan Kampus Putri Pondok Modern Darussalam Gontor di Mantingan, Ngawi.

    Gebyar acara peringatan 90 tahun Pondok Gontor telah dimulai sejak awal Agustus 2016. Sebagai acara pra-pembuka antara lain Festival Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, kompetisi sepakbola se-Jawa Timur, Multaqo Ulama se-Asia Tenggara, Dauroh Dai dan Imamh, serta reuni alumni Program Kaderisasi Ulama (PKU).

    Setelah pembukaan, acara Peringatan 90 tahun Pondok Gontor berlanjut dengan Festival Multitalenta Santriwati dan Porseni Antar-Pondok Pesantren Alumni di Kampus Putri Mantingan, acara ini berlangsung dari Jumat-Jumat (19-26/8/2016).

    Di Pondok Gontor Putri diselenggarakan lomba kaligrafi, khitanan santri MI dan masyarakat, dan bazaar pada Sabtu (21/8/2016). Sementara itu, di Gontor pusat diadakan Haflah Tilawatil Quran (HTQ) dan olimpiade sains pada tanggal 21-24 Agustus 2016. Selain itu, juga ada acara lomba cerdas cermat tentang kepondokmodernan pada Senin (22/8/2016). Sedangkan pada Selasa-Rabu (23-24/8/2016) di Gontor Putri menyelenggarakan Seminar Pemberdayaan Kulliyatul Banat dan pada tanggal yang sama juga diselenggarakan Smeinar dna Workshop BMT di Kampus Pusat Unida Gontor. Sedangkan di Pondok Gontor Pusat diadakan festival musik santri pada Selasa-Kamis (23-25/8/2016).

    Selanjutnya, pada Selasa-Jumat (23-26/8/2016) di Pondok Gontor Putri diselenggarakan HTQ dan bertempat di Kampus 3 Gontor Putri. Akhir Agustus di Pondok Gontor Pusat diselenggarakan IKPM Live in Concert, Konser Wali Band, Jambore dan Raimuna Santri, pelatihan dan pentas Kyai Kanjeng, dan pameran produk alumni. Sedangkan di UNIDA Gontor diselenggarakan International Festival on Culture and Education. Dan di Pondok Gontor Putri diselenggarakan Festival Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Jambore dan Raimuna Santriwati.

    Memasuki September 2016, peringatan 90 tahun Pondok Gontor diawali dengan acara silaturahim Pimpinan Pesantren dan Lembaga Pendidikan Non-Pesantren Alumni dan workshop marching band. Kemudian pada tanggal 4 September 2016 akan digelar Muslimah Fashion Show, dan Pentas Kyai Kanjeng di Gontor Putri. Sedangkan di UNIDA Gontor akan digelar silaturahim Pengusaha Alumni dan Bedah Buku Alumni di Gontor Pusat dan Dialog Kebangsaan Bersama MPR RI di UNIDA Gontor.

    Pada tanggal 3 September 2016 di Pondok Gontor Pusat diadakan Reuni Akbar Alumni Gontor dan dilanjutkan dengan Pentas Wayang Kulit Ki Anom Suroto, khitanan massal dan pengobatan penyakit ringan, santunan karyawan manula, serta panjat pinang massal. Sedangkan di Pondok Gontor Putri digelar perlombaan masyarakat Sambirejo dan Dialog bersama Marissa Haque.

    Sebelum pentas seni Darussalam All Stars Show (DASS) pada tanggal 8 September 2016, ada Communication Festival dan dialog bersama Dr. Zakir Naik (masih dalam tahap konfirmasi), tablig akbar kerah sakti, final kompetisi sepakbola se-Jawa Timur, napak tilas perjalanan Trimurti, konferensi nasional kedaulatan pangan, pekan gizi dan kesehatan santriwati, gebyar cipta lagu Gontor Putri, dan bekam.

    Acara puncak Peringatan 90 tahun Pondok Darussalam Gontor diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 2016 berupa resepsi kesyukuran 90 tahun Gontor yang rencananya akan menghadirkan Presiden RI Joko Widodo. Namun, sebelum puncak peringatan ada beberapa rentetan acara peringatan di Unida Gontor yaitu Edukasi Masyarakat tentang TIP dan Agroteknologi, Lomba Robotik dan Informatika SMA/SMK se-Indonesia. Sedangkan di Gontor Putri diselenggarakan tablig akbar, reuni alumni dan dialog tokoh alumni Gontor Putri, serta Gontor Putri All Stars Show.



    Editor : Ahmad Mufid Aryono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.