Kenali 5 Alergi Tubuh yang Sering Terjadi

Ada beberapa macam alergi yang biasa terjadi pada seseorang.

Kenali 5 Alergi Tubuh yang Sering Terjadi Alergi kulit. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Beberapa dari Anda pasti pernah mengalami alergi terhadap sesuatu. Kondisi ini dapat menyerang siapa saja. Setiap orang pun mengalami alergi berbeda-beda, tergantung sistem kekebalan tubuh masing-masing.

    Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu zat yang dianggap berbahaya bagi tubuh. Saat alergi, masing-masing individu akan mendapat reaksi berbeda-beda. Misalnya bersin, sesak napas, gatal dan efek lainnya.

    Agar Anda tidak salah mengenal alergi yang diderita, Anda perlu mengenali bermacam-macam alergi yang biasa terjadi. Berikut ini macam-macam alergi dilansir dari alodokter.com, Rabu (20/12/2020).

    Waspada! Covid-19 Jatim Tambah 935 Kasus, Rekor Tertinggi Selama Pandemi

    1. Alergi makanan

    Alergi makanan terjadi setelah mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat memicu alergi seperti telur, susu, kacang, gandum, kedelai, dan makanan laut seperti ikan dan kerang.

    Reaksi alergi makanan dapat berupa kulit dan mulut terasa gatal, bibir dan wajah mengalami pembengkakan, pusing, mual dan muntah, hingga sulit bernapas.

    1. Alergi kulit

    Alergi kulit terjadi saat zat alergen yang memicu alergi bersentuhan dengan kulit. Reaksi alergi ini dapat berupa kulit memerah, muncul ruam, gatal-gatal, hingga bengkak.

    Zat alergen yang bisa memicu alergi kulit sangat beragam, mulai dari serbuk sari, logam nikel, tanaman tertentu, bahan lateks, hingga produk kecantikan atau produk pembersih yang mengandung zat tertentu.

    Tangan Tiba-Tiba Gemetar, Ini Penyebabnya

    1. Alergi debu

    Debu bisa menjadi zat yang dapat menyebabkan alergi. Selain debu, reaksi alergi juga dapat disebabkan tungau atau kutu, kotoran hewan peliharaan, bangkai kecoa mati, dan spora.

    Penderita alergi debu biasanya akan mengalami gejala mata berair, mata merah, gatal pada kulit, bersin, serta hidung gatal dan tersumbat, setelah terpapar oleh zat yang memicu alergi.

    1. Alergi obat

    Alergi obat merupakan reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap obat yang dikonsumsi. Ada banyak jenis obat yang bisa memicu alergi, termasuk obat antibiotik seperti penisilin, obat pereda nyeri seperti aspirin, obat kemoterapi untuk kanker, dan obat untuk mengatasi penyakit autoimun.

    Dukung Muktamar Muhammadiyah, UMS Bangun Guest House Setara Hotel

    1. Alergi udara

    Alergi udara atau disebut urtikaria menyebabkan kulit seseorang menjadi kemerahan dan bentol ketika terinfeksi. Perubahan udara terlalu drastis merupakan faktor pemicu alergi udara ini. Karena itu, kulit butuh waktu untuk beradaptasi.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.