Tangan Tiba-Tiba Gemetar, Ini Penyebabnya

Kondisi tangan yang gemetar sebenarnya wajar terjadi. Ada beberapa penyebab yang membuat tangan tiba-tiba gemetar.

Tangan Tiba-Tiba Gemetar, Ini Penyebabnya Ilustrasi tangan yang gemetar. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Pernahkah Anda mengalami tangan yang tiba-tiba gemetar? Jika iya, mungkin Anda sedang mengalami tremor. Tremor menyebabkan gemetar pada tubuh, dan bagian yang paling sering terkena adalah tangan.

    Sebenarnya hal itu terbilang wajar. Kondisi itu biasa terjadi saat Anda melakukan pekerjaan yang berbeda seperti saat akan menulis atau bahkan saat akan melakukan selfie.

    Tangan gemetar umumnya disebabkan oleh adanya gangguan pada otak yang mengontrol pergerakan tubuh. Selain alasan tersebut, inilah beberapa penyebab tangan yang gemetar seperti dilansir dari hellosehat.com, Kamis (31/12/2020).

    Waspada! Covid-19 Jatim Tambah 935 Kasus, Rekor Tertinggi Selama Pandemi

    1. Kecemasan

    Emosi yang kuat seperti rasa takut, marah, kecemasan, atau kepanikan dapat menyebabkan tangan Anda gemetar. Oleh karena itu, untuk mengurangi tangan gemetar Anda perlu mencoba teh herbal yang dapat mengurangi stres dan memiliki efek menenangkan pada tubuh.

    1. Terlalu banyak konsumsi kafein

    Kafein dalam kopi, teh, dan minuman ringan dapat merangsang otak untuk menghasilkan hormon adrenalin. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang mengkonsumsi minuman berkafein dapat terjaga di malam hari. Konsumsi kafein yang berlebih tersebut dapat mengganggu sistem koordinasi tubuh Anda dan menyebabkan tangan Anda gemetar.

    1. Hipoglikemia

    Gula darah rendah atau hipoglikemia dapat membuat tangan Anda gemetar karena saraf dan otot sedang kehilangan bahan bakar. Salah satu penyebab terjadinya hipoglikemia adalah rendahnya gula dalam darah Anda.

    6 Mitos dan Takhayul yang Masih Berkembang di Masyarakat, Masih Percaya?

    1. Kekurangan vitamin

    Vitamin B1, juga dikenal sebagai tiamin. Vitamin B1 penting untuk saraf stimulasi serta untuk metabolisme karbohidrat yang menyediakan otak dengan energi. Asupan vitamin B1 yang cukup dapat mengurangi terjadinya tangan tremor dan menenangkan sistem saraf, karena sel-sel saraf memerlukan vitamin B1 untuk berfungsi secara normal. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan tangan Anda gemetar.

    1. Gangguan kelenjar tiroid

    Hipertiroidisme atau tiroid yang terlalu aktif adalah suatu kondisi dimana kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroid. Kelenjar ini berada di leher, tepat di atas tulang selangka Anda.

    Ketika kelenjar tiroid, maka seluruh tubuh Anda akan bekerja cepat yang dapat menyebabkan Anda mengalami kesulitan tidur, jantung berdetak lebih cepat dan tangan gemetar.

    1. Tremor esensial

    Salah satu penyebab yang paling umum dari tangan yang gemetar adalah tremor. Tremor adalah gerakan yang tidak terkontrol dan tidak terkendala pada satu satu lebih bagian tubuh Anda. Tremor biasanya terjadi karena otak yang mengontrol otot mengalami masalah yang menyebabkan gemetar pada tubuh. Bagian tubuh yang paling sering terkena adalah tangan.

    Dukung Muktamar Muhammadiyah, UMS Bangun Guest House Setara Hotel

          7. Penyakit Parkinson

     Tremor merupakan tanda awal penyakit Parkinson. Penyakit Parkinson adalah gangguan dari sistem saraf yang ditandai dengan tremor dan gemetar, kelemahan dan kelumpuhan pada wajah. Hal ini terjadi ketika sel-sel saraf di otak yang membuat dopamin hancur. Tanpa dopamin, sel-sel saraf tidak bisa mengirim pesan yang mengarah ke hilangnya fungsi otot.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.