Kenali Kode Label Untuk Mengetahui Kualitas Buah yang Akan Dibeli

Kode pada stiker yang ada di buah ternyata menyimpan informasi yang penting.

Kenali Kode Label Untuk Mengetahui Kualitas Buah yang Akan Dibeli Kode buah menyimpan informasi penting tentang kualitas buah. (wikipedia.web.id)

    Madiunpos.com, MADIUN – Ketika membeli buah masyarakat kerap kali mengabaikan kode yang tertulis pada label/stiker buah. Padahal kode ini menyimpan informasi penting mengenai kualitas buah.

    Kode tersebut disebut kode PLU atau Price Look Up. Kode ini digunakan para produsen guna mengemas informasi untuk para konsumen.

    Lalu apa sih arti dari kode-kode tersebut? Berikut penjelasan mengenai arti kode-kode pada label buah dilansir dari liputan6.com, Rabu (7/12/2016) dan Instagram, @siniinfo, Sabtu (8/8/2020).

    Kode 4 digit yang diawali angka 3 atau 4

    Jika Anda menemukan buah dengan kode label berisikan 4 digit dengan diawali angka 3 atau 4 maknanya buah tersebut ditanam dengan teknik agronomis. Teknik agronomis merupakan teknik penanaman yang masih menggunakan penyubur tanaman dan pestisida. Sehingga, konsumen wajib mencuci buah terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

    Cara Mudah Menurunkan Kolesterol, Cukup Konsumsi Aneka Buah Ini!

    Kode 5 digit yang diawali angka 8

    Buah yang memiliki kode sebanyak 5 digit dan diawali angka 8 berarti buah tersebut telah mengalami modifikasi genetika dalam pertumbuhannya. Kandungan gizi pada buah hasil rekayasa genetik ini masih diperdebatkan oleh para ahli. Sebagian ahli menganggap metode rekayasa genetik dapat mengurangi nilai gizi pada buah.

    Kode 5 digit yang diawali angka 9

    Buah dengan kode sejumlah 5 digit dan diawali angka 9 menandakan buah tersebut merupakan produk organik. Buah dengan kode ini ditanam dengan metode pertanian alami tanpa menggunakan pestisida. Sehingga, buah dengan kode ini dianggap memiliki kualitas yang paling baik.

    Itulah ulasan mengenai informasi penting yang tersimpan pada kode-kode buah. Namun, bagaimana jika buah yang Anda beli tidak memiliki kode PLU?

    Saat Pandemi Covid-19, Perbanyak Makan Buah dan Sayur

    Para ahli menyarankan konsumen perlu waswas apabila mendapati buah impor yang tidak memiliki kode PLU. Sebabnya, untuk kategori buah impor wajib diberi label kode PLU. Jika tidak ada label kode PLU pada buah impor kemungkinan label tersebut telah dilepas untuk kepentingan tertentu.

    Jadi lebih cermat dalam membeli buah impor ya gaes!

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.